penularan toxoplasma pada janin oleh Hamil SegiEmpatToksoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini biasanya hidup di tubuh hewan yang tidak terawat seperti kucing atau kuncing. Penularan penyakit ini terjadi ketika terjadi kontak langsung dengan kotoran kucing atau ketika Anda menyentuh daging mentah atau bahkan mengkonsumsi daging yang telah terkontaminasi oleh kista toksoplasma.

Penyakit ini seringkali disangka penyakit flu karena gejalanya yang hampir sama. Penderita penyakit ini akan mengalami pegal dan sakit yang berlangsung cukup lama serta pembengkakan pada kelenjar getah benih. Penularan penyakit ini akan lebih mudah jika imunitas tubuh seseorang menurun. Mereka yang menderita HIV atau HID, sedang menjalani kemoterapi untuk mengobati kanker, mendapatkan transplantasi organ serta terkena penyakit yang menyebabkan imunitas tubuh menurun akan lebih rentan dan lebih mudah terkena penyakit ini.

Untuk Ibu hamil sendiri, mereka bisa menularkan toxoplasma kepada janinnya. Sistem kekebalan tubuh janin yang belum sempurna membuat janin lebih beresiko untuk terkena penyakit ini. Sebagai dampaknya, janin tersebut beresiko mengalami ruam kulit, sakit kuning, pembesaran kelenjar getah benih serta kerusakan pada mata dan otak.

Ketika usia kandungan Ibu telah memasuki 24 minggu atau enam bulan, resiko penularan infeksi parasit ini akan lebih kecil. Tapi resiko ini akan meningkat ketika usia kandungan Ibu telah memasuki trimester terakhir. Selain itu, kerusakan yang dihasilkan tidak masif atau kecil sehingga sulit untuk mendeteksi penyakit ini.

Namun Anda bisa mencegah penularan penyakit ini saat imunitas tubuh Anda sedang tidak optimal atau saat Anda sedang hamil. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Setelah Anda melakukan aktivitas apapun, apalagi yang bersentuhan dengan tanah, usahakan untuk selalu mencuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun. Kegiataan ini akan menjadi lebih penting ketika Anda sedang mempersiapkan makanan dan sebelum makan;
  • Jika Anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan dan harus memegang tanah, maka Anda harus selalu menggunakan sarung tangan lateks untuk mencegah kontak dengan parasit;
  • Ketika Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda melakukan tes untuk mengetahui keberadaan parasit toxoplasma; dan
  • Jika Anda merasakan gejala dari penyakit toxoplasma, sebaiknya Anda melakukan tes darah untuk mengetahui keberadaan parasit penyebab penyakit tersebut.

LEAVE A REPLY