menurunkan resiko toxoplasma pada Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatToxoplasma adalah sebuah penyakit berbahaya, apalagi bagi Ibu hamil. Penyakit ini biasanya berasal dari hewan peliharaan seperti kucing. Namun banyak Ibu hamil pecinta kucing tidak memperdulikan hal ini. Mereka masih saja membelai atau bahkan menggendong kucing peliharannya, padahal hewan tersebut berpotensi menularkan penyakit berbahaya ini. Oleh karena itu, Ibu harus tahu cara menurunkan resiko toxoplasma pada Ibu hamil.

Saking berbahayanya, parasit berbahaya penyebab penyakit ini bahkan ada pada kotoran kucing. Toxoplasma pada Ibu hamil dapat menyebabkan cacat lahir atau bahkan keguguran. Penularan penyakit ini sendiri bukan melalui udara, namun lewat kontak fisik saat Anda menyentuh kucing. Jadi ketika Anda menyentuh kucing yang mengandung parasit, maka parasit tersebut akan menular ke tangan Anda saat disentuh.

Namun hal ini bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan hewan peliharaan dan kebersihan Ibu hamil. Selain itu, pastikan kalau kucing tidak melakukan aktivitas di tempat yang mengandung tanah, seperti taman atau halaman. Karena di dalam tanah terdapat parasit yang bisa menular pada kucing.

Selain pada kucing, ternyata toxoplasma juga bisa menular dari hal lain seperti buah dan sayuran yang tidak dibersihkan sebelum dikonsumsi serta otot daging babi dan sapi. Daging yang tidak dimasak dengan matang sehingga masih memiliki parasit yang hidup akan menular pada yang mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk selalu menjaga kebersihan bahan makanan yang akan dikonsumsi. Ibu juga harus memastikan agar daging telah benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Karena daging yang masih belum matang biasanya masih memiliki parasit penyebab toxoplasma. Sedangkan bagi Ibu yang memiliki hewan peliharaan, sebaiknya selalu menjaga kebersihan hewan peliharaannya.

Namun ada baiknya jika Ibu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Ibu tertular toxoplasma atau tidak, terlebih lagi bagi Ibu yang memiliki hewan peliharaan. Hal ini karena gejala toxoplasma tidak bisa diketahui secara fisik sehingga harus dilakukan tes darah atau USG.

Meskipun penyakit ini memiliki resiko yang besar, namun Anda tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini masih bisa diobati. Yang penting adalah Anda segera memeriksakan diri ke dokter saat merasa bahwa ada potensi penularan penyakit tersebut.

LEAVE A REPLY