mengatasi sesak nafas saat hamil oleh Hamil SegiEmpatDengan pertambahan usia kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami sesak napas. Dengan begini, maka mengatasi sesak nafas saat hamil adalah hal yang dibutuhkan. Ketika ibu hamil mengalami sesak napas, maka nafasnya akan terengah-engah dan hal ini sering terjadi pada akhir kehamilan.

Meskipun hal ini bukanlah tanda penyakit, namun hal ini pastilah akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman serta mengganggu aktivitasnya. Namun ibu hamil juga harus memeriksa, apakah dia memiliki riwayat asma atau alergi.

Adapun hal yang menyebabkan ibu hamil sesak napas adalah perubahan hormonal yang menyebabkan kebutuhan oksigennya tidak terpenuhi. Kebutuhan oksigen yang lebih besar membuat ibu hamil menjadi terengah-engah dalam bernapas.

Hal lain yang menyebabkan ibu hamil mengalami sesak napas adalah perkembangan rahim. Ketika rahim semakin membesar, diagfragma juga akan semakin membesar sehingga ibu hamil kesulitan bernapas.

Jika ibu hamil mengalami sesak napas, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sesak nafas saat hamil :

  • Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil dengan Latihan Nafas di Tempat Tidur

Cobalah untuk meletakkan bantal tambahan pada punggung Anda, lalu kemudian lakukan latihan pernapasan. Setelah itu buanglah napas Anda secara perlahan.

  • Jika Anda Sedang Melakukan Kegiatan

Anda masih bisa mengatasi sesak nafas saat hamil saat sedang di kantor, melakukan kegiatan ataupun bersantai. Yang bisa Anda lakukan adalah menarik nafas sedalam-dalamnya, setelah itu tahan selama dua hingga tiga detik. Setelah itu, keluarkan secara perlahan. Latihan ini akan membuat Anda lebih nyaman, persiapan persalinan dan juga mengatasi sesak nafas.

  • Jangan Terlalu Lelah dan Stres

Jika tidak terlalu penting, sebaiknya ibu hamil tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat stres, aktvitas berat ataupun aktivitas yang bisa menyita waktu istirahat. Ingatlah bahwa ibu hamil butuh istirahat yang cukup agar bisa bernapas dengan baik serta mengatasi sesak nafas saat hamil.

  • Membuat Diri Lebih Nyaman

Buatlah diri Anda merasa nyaman dengan duduk tegak dan bahu dalam posisi tegak. Dengan begini, maka paru-paru akan mendapatkan ruang yang cukup untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak serta membuat pernapasan lebih baik.

Namun jika sesak napas Anda ditandai dengan gejala asma, denyut nadi yang lebih cepat, jantung yang berdebar kencang, serta kaki dan tangan yang pucat, sebaiknya Anda segera ke rumah sakit atau menghubungi dokter.

LEAVE A REPLY