mencegah penyakit typus saat hamil oleh Hamil SegiEmpatPenyakit typus atau tifes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi dan menyerang saluran pencernaan. Penyakit ini juga bisa menyerang ibu hamil. Ketika terkena penyakit ini, ibu akan mengalami masalah pencernaan, demam tinggi, bahkan peradangan usus. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah bagi ibu dan juga janinnya.

Biasanya, tipes menular melalui makanan atau minuman yang tidak higienis. Bakteri masuk melalui mulut, lalu kemudian masuk ke lambung, kemudian ke usus halus. Di dalam usus inilah bakteri akan berkembang biak, masuk ke dalam darah, lalu menyebabkan demam yang tinggi. Penyakit ini menyebabkan resiko terjadinya keguguran atau kelahiran prematur pada bayi.

Berikut ini adalah cara mencegah penyakit typus pada ibu hamil :

  • Mencegah Bakteri Masuk

Ada lima benda yang menjadi sumber penyebaran penyakit typus, yaitu makanan, kuku jari tannag, lalat, muntah dan juga tinja.Kuman yang biasanya terdapat pada muntah dan tinja penderita typus akan dibawa oleh lalat yang akan hinggap di makanan. Oleh karena itu, ibu harus selalu menjaga kebersihan dan kehigienesan makanan minuman. Selain itu, ibu juga harus menjaga kebersihan diri, terutama kuku dan juga kebersihan lingkungan.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan untuk Mencegah Penyakit Typus

Saat sedang hamil, sebaiknya ibu dan juga anggota keluarga yang lain memperhatikan penyediaan sumber air minum, menyediakan tempat buang air yang memadai, mencegah lalat dalam rumah dan juga selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Hal ini untuk mencegah dan mengendalikan bakteri penyebab typus pada ibu hamil.

  • Pemilihan Jajanan yang Bersih

Untuk mencegah typus, sebaiknya ibu menghindari untuk mengkonsumsi jajanan di pinggir jalan selama hamil. Hal ini karena ibu tidak tahu proses masak dan pengolahan makanan tersebut. Selain itu, ibu juga harus tahu bahwa sebagian besar penyebab typus adalah makanan.

  • Mendapatkan Pertolongan Medis

Setelah ibu mengalami demam tinggi yang berlangsung 3 hingga 4 hari, demam telah terjadi selama satu pekan dan tidak pernah turun, lidah berwarna putih dengan pinggir berwarna merah, dan ibu juga mengalami mual dan muntah terus menerus. Sebaiknya ibu segera melakukan pemeriksaan di dokter. Dengan begini, maka ibu akan mengetahui penyakit apa yang menyerang ibu sehingga dokter bisa memberikan obat untuk menolong ibu dan juga janin.

LEAVE A REPLY