kanker payudara saat hamil oleh hamil SegiEmpatSetiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, apalagi saat dia sedang hamil. Para calon Ibu pasti ingin agar tubuhnya sehat dan kuat agar janin yang berada di dalam kandungannya juga bisa tetap sehat. Namun malang tak dapat ditolak, seringkali Ibu yang sedang hamil terserang kanker payudara dan hal ini baru diketahui setelah Ibu melakukan CT scan kehamilan. Hal inilah yang membuat Ibu hamil membutuhkan penanganan kanker payudara.

Masalah kesehatan ini harus segera ditangani. Karena jika tidak, janin yang berada dalam kandungan juga akan ikut terpengaruh. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Berikut ini adalah beberapa cara penanganan kanker payudara saat hamil:

  • Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan cara radiasi atau memasukkan obat-obatan ke dalam tubuh untuk menghentikan perkembangan atau membunuh sel kanker. Perawatan ini tidak membahayakan janin yang terdapat di dalam kandungan namun berpotensi menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan rendah dan kelahiran prematur.

  • Terapi Radiasi

Cara kedua adalah dengan melakukan terapi radiasi. Terapi ini dilakukan dengan cara melakukan penyinaran menggunakan sinar X berenergi tinggi untuk mematikan sel kanker. Terapi ini hanya diberikan pada Ibu yang memiliki kanker stadium tiga dan empat atau stadium akhir serta pada trimester pertama kehamilan. Sedangkan Ibu yang masih menderita kanker stadium satu dan dua atau stadium awal tidak diberikan terapi jenis ini karena bisa membahayakan.

  • Terapi Hormon

Terapi hormon dilakukan dengan cara pemberian obat untuk merangsang pembentukan hormon agar pertumbuhan sel kanker bisa dihentikan. Tapi metode pengobatan ini tidak bisa diterapkan pada semua Ibu hamil. Adapun keadaan dimana Ibu hamil tidak boleh diberikan pengobatan ini adalah ketika dia sedang kurang sehat. Selain itu, metode ini juga meningkatkan resiko terjadinya cacat lahir pada janin.

  • Operasi Pengangkatan Payudara

Ibu juga bisa melakukan operasi pengangkatan payudara. Tapi hal ini bukan jaminan kalau semua sel kanker akan ikut terangkat. Selain itu, penyebaran sel kanker ke daerah yang lain juga tidak bisa dicegah dengan operasi ini.

LEAVE A REPLY