ibu hamil yang menderita diabetes oleh Hamil SegiEmpatSalah satu penyakit yang paling ditakuti adalah diabetes. Akan lebih menakutkan lagi jika Ibu hamil yang menderita diabetes. Diabetes yang dialami oleh Ibu hamil disebut dengan gestational diabetes. Penyakit yang dialami oleh ibu hamil ini sering membuat para Ibu hamil merasa kebingungan dengan pola makannya.

Penyakit yang dialami oleh sebanyak 18 persen Ibu hamil ini disebabkan oleh plasenta yang kemudian membuat terhambatnya produksi insulin di dalam tubuh. Namun Ibu bisa mengatasi masalah ini dan membuat kadar gula darah dalam tubuh Ibu kembali normal.

Berikut ini adalah tips untuk Ibu hamil yang menderita diabetes agar kesehatannya dan janin yang berada dalam kandungannya bisa terjaga hingga persalinan:

  • Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Cara pertama adalah dengan makan dengan porsi kecil agar kadar gula dalam darah tidak mengalami lonjakan dan hanya naik sedikit demi sedikit. Karena porsinya kecil, maka Ibu harus lebih banyak makan, yaitu sekitar 5 hingga 8 kali dalam sehari. Selain mencegah terjadinya lonjakan gula darah, cara ini juga bisa mencegah agar Ibu tidak mual ketika makan.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Saat makan, sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal ini untuk menjaga kesehatan Ibu serta memenuhi kebutuhan janin yang berada dalam kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran saat makan.

  • Menghitung Jumlah Karbohidrat yang Masuk

Karbohidrat yang dikonsumsi akan diproses menjadi glukosa di dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menghitung jumlah karbohidrat dan gula yang telah masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan begini, Anda bisa mengawasi kadar gula dalam tubuh Anda. Untuk mengetahui cara menghitung jumlah karbohidrat yang masuk, Anda bisa bertanya kepada ahli gizi atau dokter.

  • Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain mencegah dehidrasi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebaiknya Anda minum 8 gelas air putih dalam sehari untuk menjaga kadar gula darah serta membuang racun dalam tubuh serta mengurangi atau bahkan menghindari minuman yang memiliki gula tambahan.

LEAVE A REPLY