buah nangka untuk Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatSalah satu cara untuk menjaga kesehatan Ibu hamil dan janin dalam kandungannya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satu mitos yang beredar di masyarakat adalah mengkonsumsi buah nangka saat hamil akan menyebabkan keguguran pada Ibu. Tapi apakah benar kalau buah nangka berbahaya untuk Ibu hamil?

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang buah nangka dan pengaruhnya terhadap kehamilan:

Buah nangka memiliki rasa yang manis dan seringkali digunakan sebagai bahan kue atau es. Buah yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional atau pasar modern ini, mengandung beberapa nutrisi, yaitu vitamin A, vitamin C, asam folat, niasin, riboflavin, tiamin, fruktosa, sukrosa, serat, fosfor, kalium, kalsium, mangan, magnesium, seng, zat besi dan selenium.

Dengan begitu banyak kandungan buah nangka, tentu buah ini juga memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nangka untuk tubuh:

Kandungan serat nangka akan membuat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit;

Buah nangka dapat mencegah kanker dengan menangkal radikal bebas; dan

Nangka bisa menjaga kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dan tulang.

Tidak hanya itu, buah nangka juga memiliki begitu banyak manfaat untuk Ibu hamil. Buah nangka bisa membantu perkembangan janin, terutama mata yang bertindak sebagai organ penglihatan. Selain itu, buah nangka juga mengandung vitamin B3 yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Ibu dan janin, menurunkan kadar stres pada Ibu hamil serta mengatur hormon pada Ibu hamil.

Hal lain yang juga perlu Ibu ketahui tentang buah nangka ini adalah anggapan kalau buah nangka berbahaya untuk Ibu hamil adalah salah. Selain itu, belum ada bukti ilmiah yang menemukan bahwa buah ini bisa berbahaya dan mengakibatkan keguguran. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan. Pastikan kalau Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya tanpa meningkatkan resiko untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain buah nangka, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi buah-buahan lain yang bisa memberikan manfaat sehat untuk Ibu dan juga janin.

 

LEAVE A REPLY