yang menghambat produksi ASI oleh Hamil SegiEmpatMemberikan ASI ekslusif kepada bayi selama 6 bulan dan kemudian dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun menjadi hal yang sangat penting bagi Ibu. Pemberian ASI kepada buah hati akan memberikan berbagai manfaat untuk Ibu dan buah hati. Menyusui bisa menghindarkan Ibu dari kanker payudara, menurunkan berat badan Ibu secara alami, memberikan nutrisi lengkap kepada buah hati serta meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap penyakit.

Sayangnya ada beberapa kasus dimana Ibu kesulitan untuk mengeluarkan ASI, atau dengan kata lain ASInya tidak lancar. Hal ini tentu akan menganggu pemberian nutrisi kepada buah hati Anda. Andapun khawatir tidak bisa memberikan nutrisi terbaik untuknya. Padahal biasanya Ibu sudah mulai mengeluarkan ASI sejak kelahiran buah hatinya. Meski demikian, ada juga Ibu yang baru mengeluarkan ASI pada hari ketiga dan keempat setelah persalinan. Hal lain yang juga menjadi penyebab terhambatnya ASI adalah jika Ibu melahirkan bayi pertama.

ASI sendiri akan keluar dari dalam tubuh Ibu karena adanya hormon prolaktin yang memang telh diproduksi tubuh sejak masa hamil. Namun jika hormon ini dihambat oleh hormon progesteron, maka Ibu tidak dapat mengeluarkan ASI.

Tidak hanya itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mengganggu kelancaran ASI sehingga ASI menjadi sulit keluar:

  • Terjadinya pembengkakan pada payudara Ibu sehingga mengganggu produksi dan kelancaran pemberian ASI pada buah hati.
  • Ada bagian plasenta yang tertinggal setelah persalinan. Hal ini yang kemudian menyebabkan pendarahan dan terhambatnya produksi ASI. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan USG sehingga dokter bisa segera mengambil tindakan. Dengan begini, maka produksi dan pemberian ASI bisa lancar.
  • Seperti yang diketahui bahwa Ibu haruslah merasa rileks dan tenang agar bisa menyusui dengan nyaman. Namun jika ternyata Ibu banyak pikiran dan stres, maka bisa dipastikan kalau Ibu tidak akan bisa menyusui dengan lancar. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu membuat diri merasa lebih tenang dan rileks.
  • Seorang Ibu yang tidak merencanakan untuk melakukan operasi caesar tapi ternyata menjalani persalinan dengan cara itu biasanya juga akan merasa kesulitan untuk mengeluarkan ASI. Kalaupun keluar, biasanya akan butuh waktu yang cukup lama. Namun biasanya Ibu sudah mulai mengeluarkan kolostrum.

 

LEAVE A REPLY