nyaman menyusui setelah operasi Caesar oleh Hamil SegiEmpatAda beberapa pertimbangan yang membuat seorang wanita lebih memilih untuk melakukan operasai Caesar. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kondisi kesehatan Ibu atau janin juga menjadi pertimbangan dokter untuk melakukan operasi.

Seorang Ibu yang melakukan operasi Caesar juga harus memberikan ASI kepada buah hatinya. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tapi bekas luka operasi seringkali membuat Ibu merasa tidak nyaman untuk menyusui. Tidak hanya itu, bayi juga biasanya masih merasa lemas dan lesu setelah operasi. Hal ini karena pengaruh dari obat anastesi.

Namun sebaiknya Anda segera memberikan ASI untuk bayi sesaat setelah dia dilahirkan. Hal ini akan membantu agar uterus bisa berkontraksi sehingga bisa segera kembali ke ukurannya semula dengan cepat. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa membuat keadaan tubuh cepat pulih.

Anda bisa segera memberikan ASI setelah proses operasi selesai. Anda juga meminta suami untuk memberi posisi nyaman untuk menyusui kepada. Kalaupun Anda telah berpindah ruangan, Anda bisa memberikan tambahan bantal kepada bayi agar dia bisa merasa lebih lebih nyaman.

Berikut ini adalah tips agar nyaman menyusui setelah operasia Caesar:

  • Ada baiknya jika Anda meminta bantuan dari konsultan tentang posisi yang nyaman untuk menyusui. Anda bisa melakukannya dengan tidur miring atau menyusui diantara badan dan lengan. Posisi ini tidak hanya akan melindungi bekas operasi Anda tapi juga mengurangi beban untuk bayi.
  • Jika Anda ingin duduk, sebaiknya Anda memilih kursi yang memiliki sandaran tegak dan memiliki lengan. Kalau perlu, sebaiknya Anda menambahkan bantal pada sisi Anda sehingga tubuh bayi bisa terangkat sama tinggi dengan payudara. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari bekas luka.
  • Sebaiknya Anda mengajak suami saat akan melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan. Dengan begitu, suami bisa membantu Anda untuk mengatur posisi bayi saat akan menyusui agar Anda berdua bisa merasa lebih nyaman.

Operasi caesar memang akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulihkan diri serta membuat Anda merasa kesulitan mencari posisi nyaman saat akan menyusui. Tapi dari situlah Anda bisa belajar untuk lebih mencintai bayi Anda dan merasakan bagaimana penderitaan Ibu Anda saat melahirkan Anda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, luka tersebut akan sembuh dan Andapun tidak lagi kesulitan untuk mencari posisi yang nyaman untuk menyusui.

LEAVE A REPLY