mengatasi milk blister oleh Hamil SegiEmpatSalah satu masalah yang sering menjadi hambatan saat Ibu memberikan ASI ekslusif adalah milk blister. Milk blister adalah munculnya bintil putih mirip jerawat yang membuat Ibu dan bayi merasa tidak nyaman saat proses menyusui. Untuk itulah Ibu harus mengatasi milk blister agar tidak mengganggu proses menyusui.

Milks blister ini terjadi ketika puting mengalami lecet sehingga tubuh akan membentuk kulit baru secara alami. Proses inilah yang kemudian menyebabkan sisa ASI menutupi pori-pori sehingga menutup saluran ASI. Masalah ini akan membuat Ibu merasa sakit karena penyumbatan pada saluran ASI sehingga ASI tidak bisa keluar. Gejala yang paling sering terjadi adalah Ibu merasakan sakit pada bintil putih. Rasa sakit ini seringkali membuat Ibu tidak bisa menyusui dengan baik.

Milk blister ini bisa dicegah dengan cera membersihkan sisa-sisa ASI pada daerah payudara dengan menggunakan handuk kecil. Selain itu, Ibu juga sebaiknya belajar untuk melekatkan bayi untuk menyusui dengan benar sehingga Ibu dan bayi bisa menyusui dengan benar.

Kalau Ibu sudah terlanjut terkena milk blister, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi milk blister:

  • Mengompres

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengompres payudara dengan menggunakan handuk yang diberikan air hangat secara teratur. Dengan begini, bagian payudara yang tersumbat bisa kembali lancar. Anda juga bisa menggunakan tambahan larutan garam untuk membuka pori-pori yang tersumbat.

  • Rutin Memberikan ASI

Jangan sampai hal ini membuat Anda menghentikan pemberian ASI. Karena hal tersebut justru akan membuat ASI semakin bertumpuk dan membuat payudara semakin sakit. Anda bisa mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, barulah Anda memompanya dengan menggunakan pompa ASI.

  • Membersihkan Sisa ASI

Setiap kali Anda selesai menyusui, sebaiknya Anda segera membersihkan sisa ASI dengan menggunakan air hangat dan handuk kecil. Cara ini akan mencegah penutupan pori-pori. Jika Anda sudah merasa sangat tidak nyaman, sebaiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter. Dokter akan menggunakan jarum steril untuk mengangkat sumbatan sehingga saluran ASI bisa kembali lancar.

LEAVE A REPLY