benarkah ibu menyusui lebih agresif oleh Hamil SegiEmpatSetelah melahirkan, sudah saatnya Ibu memberikan ASI untuk buah hatinya. Kegiatan menyusui ini sebaiknya dilakukan pada awal kelahiran bayi hingga dia berusia 6 bulan. Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan akan membantu untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal. Hal inipun juga akan meningkatkan ikatan emosional antara Ibu dan bayi.

Namun salah satu masalah yang sering terjadi pada Ibu menyusui adalah ketika mereka menjadi lebih sensitif. Seorang Ibu menyusui terkadang lebih mudah tersinggung, sering mengalami perubahan suasana hati, cepat marah dan lebih protektif.

Hal ini berhubungan dengan sifat Ibu yang selalu memberikan perlindungan kepada buah hatinya. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan Psychological Science yang melibatkan 18 orang wanita menyusui, 17 orang wanita yang tidak menyusui dan 20 orang wanita yang belum memiliki anak. Pada penelitian ini, para responden melakukan permainan komputer dengan melawan asisten peneliti yang agresif dan kasar.

Para peneliti kemudian melihat seberapa keras dan seberapa lama perlawanan pada tiap putaran. Hasilnya menemukan bahwa seorang Ibu menyusui akan melakukan perlawanan yang lebih keras daripada Ibu yang tidak menyusui. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa Ibu menyusui mampu untuk meningkatkan pertahanannya sebagai seorang Ibu. Seorang Ibu menyusui juga bisa mengurangi stres dan rasa takutnya karena tekanan darahnya yang lebih rendah. Hal inilah yang membuat Ibu menyusui menjadi lebih berani untuk melindungi buah hatinya.

Jadi kesimpulannya adalah seorang Ibu menyusui akan lebih berani, bisa mengatasi rasa takut dan stresnya serta bisa meningkatkan ikatan batin antara dia dan anaknya. Sikap agresif itu sendiri terjadi karena keinginannya untuk melindungi buah hatinya. Perilaku agresif pada Ibu menyusui ini dinamakan dengan maternal defence atau lactation aggresion.

Namun ada baiknya jika Anda berusaha untuk mencegah sifat galak atau agresif pada diri Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurangi ancaman yang terjadi sehingga Anda bisa merasa lebih tenang. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih tenang dan tidak berada dalam ancaman. Tapi Anda juga tidak perlu khawatir karena sebenarnya sikap seperti ini adalah sikap yang wajar dan seringkali terjadi pada Ibu menyusui.

LEAVE A REPLY