diet ibu menyusui oleh Hamil SegiEmpatSaat sedang hamil, seorang wanita disarankan untuk menaikkan berat badannya untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dan janin. Namun setelah melahirkan, biasanya Anda akan merasa pusing dengan berat badan yang bertambah. Tapi Ibu juga seringkali takut berdiet karena takut kebutuhan gizi buah hatinya akan terganggu saat sedang berdiet. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, meskipun sudah ada susu formula.

Namun sebenarnya Ibu menyusui masih bisa berdiet, yang penting adalah Ibu memperhatikan aturan diet. Berikut ini adalah tips berdiet bagi Ibu menyusui:

  • Memberikan ASI Hingga Anak Berusia 2 Tahun

Jika memang tidak ada masalah dengan ASI, sebaiknya Anda memberikan ASI kepada anak hingga dia berusia 2 tahun. Cara ini akan membantu penurunan berat badan Ibu tanpa menimbulkan efek samping apapun. Saat menyusui, tubuh Ibu akan memproduksi hormon dan meningkatkan membakar lemak hingga 500 kkal setiap harinya. Dengan demikian, Ibu bisa kembali mendapatkan bentuk tubuh yang seperti dulu.

  • Jangan Konsumsi Junk Food

Meskipun menggoda, tapi sebaiknya Ibu tidak mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini kaerna makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan sehat yang bisa dibuat sendiri di rumah.

  • Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makanan tidak berarti kalau Anda harus mengurangi porsi makan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memindahkannya. Akan lebih baik jika Anda makan sedikit demi sedikit tapi sering daripada sekali makan dalam porsi besar. Mengkonsumsi makanan dalam poris besar hanya akan mengacaukan porsi makan Anda. Sebaiknya Anda makan 3 kali sehari dengan mengkonsumsi cemilan sehat diantara 2 waktu makan. Cara ini akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi Anda sehingga berat badan bisa turun dengan perlahan.

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Saat Makan

Pastikan kalau Ibu juga mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi saat makan. Ibu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein rendah lemak. Ibu juga bisa mengkonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak dan air putih. Adapun sumber protein sehat yang bisa Ibu konsumsi adalah daging ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, tempe dan tahu.

LEAVE A REPLY