wanita hamil dengan penyakit jantung oleh Hamil SegiEmpatSebuah hasil penelitian yang dilakukan di Hawaii menemukan bahwa wanita yang sulit hamil mungkin saja memiliki penyakit jantung. Masalah jantung mempengaruhi pasokan darah di dalam tubuh sehingga membuat darah menjadi terhambat dan menyebabka berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, masalah jantung juga bisa menyebabkan gangguan atau komplikasi selama kehamilan

Berikut ini adalah masalah kehamilan yang bisa terjadi karena penyakit jantung:

  • Kelainan Jantung Bawaan

Jika Anda memiliki kelainan jantung bawaan dan sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda waspada. Karena dengan keadaan seperti ini, maka resiko terjadinya komplikasi kehamilan akan meningkatn. Selain itu, penderita penyakit ini bisa saja sekarat atau bahkan meninggal setelah bersalin. Oleh karena itu sebaiknya Anda menunda kehamilan dan segera mengobati penyakit jantung Anda untuk mencegah kelainan pada janin.

  • Gagal Jantung

Ketika jantung tidak mampu memompa darah, maka resiko terjadinya gagal jantung akan terjadi. Wanita yang mengalami masalah kesehatan ini akan lebih mudah lelah daripada wanita yang normal. Jika Anda sedang hamil dan berpotensi untuk terkena penyakit jantung, sebaiknya Anda meningkatkan asupan zat besi untuk mencegah anemia. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan tidak sehat untuk mencegah kenaikan berat badan.

Masalah jantung juga akan mempengaruhi janin dalam kandungan. Penyakit ini bisa membuat janin meninggal dalam kandungan atau bayi yang terlahir prematur. Selain itu, akan banyak darah yang keluar ketika dilakukan persalinan normal. Bayi juga bisa saja mengalami keurang oksigan karena terjadi masalah distribusi oksigen ketika Anda mengejan. Untuk keadaan seperti ini, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi caesar.

  • Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik adalah keadaan dimana katup jantung mengalami penyempitan, terlebih lagi pada katup mitral. Keadaan ini biasanya akan memburuk saat sedang hamil. Ketika penyempitan terjadi, maka akan terjadi juga peningkatan denyut jantung. Darah yang mengalir juga tidak akan terlalu lancar sehingga cairan yang harusnya sudah dikeluarkan akan kembali masuk dan menyebabkan edema paru. Jika Anda menderita penyakit edema paru dan sedang merencanakan untuk mendapatkan kehamilan, sebaiknya Anda melakukan operasi untuk memperbaiki katup miral. Ketika Anda telah hamil, sebaiknya Anda tidak terlalu lelah dan cemas agar tidak terjadi komplikasi dan masalah kehamilan lainnya.

LEAVE A REPLY