suka lupa saat hamil oleh Hamil SegiEmpatSeringkali Ibu hamil dihadapkan pada penyakit suka lupa saat hamil atau momnesia. Selain momnesia, penyakit ini juga biasa dinamai dengan mommy brain atau pregnancy brain. Masalah ini disebabkan oleh perubahan hormon serta penyusutan syaraf-syaraf pada otak pada trimester ketiga kehamilan.

Momnesia ini akan menyebabkan masalah pada memori Ibu. Seringkali juga Ibu tidak bisa berpikir logis ketika mengalami masalah ini. Namun Ibu tidak perlu khawatir karena masalah ini akan hilang 2 minggu hingga 2 tahun setelah kelahiran buah hati Anda.

Bisa dikatakan kalau Anda seperti orang pikun ketika mengalami masalah ini. Anda akan lupa dengan hal-hal yang telah Anda kerjakan. Dompet, kunci serta beberapa barang lain yang hilang, lupa jalan pulang, lupa dengan nama anggota keluarga atau bahkan diri sendiri adalah beberapa dari momnesia.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, berikut ini adalah beberapa cara menghadapi penyakit suka lupa saat hamil:

  • Buatlah catatan mengenai hal-hal penting yang harus Anda lakukan seperti jadwal konsumsi vitamin, janji yang dibuat dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus mencata hal apa saja yang akan Anda tanyakan kepada dokter saat akan melakukan pemeriksaan. Setelah itu, simpanlah catatan pada tempat yang mudah diingat.
  • Ketika Anda harus mengingat hal yang penting, jangan panik dan berusahalah untuk tenang. Setelah Anda tenang, cobalah untuk membayangkan hal yang harus Anda ingat. Cara itu pasti bisa membantu Anda untuk mengingat.
  • Letakkan benda-benda yang penting dalam satu tempat yang aman tapi mudah diingat agar Anda lebih mudah mendapatkannya.
  • Buatlah prioritas dan terfokuslah hanya kepada hal yang penting dan bagilah sebagian pekerjaan Anad pada orang lain. Energi yang Anda miliki sebaiknya hanya dicurahkan pada hal yang Anda prioritaskan.
  • Ingatlah bahwa Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dan lebih banyak. Oleh karena itu, akan lebih baik kalau Anda tidur lebih lama. Hal ini karena biasanya masalah ini akan berlanjut setelah Anda melahirkan.
  • Jangan terburu-buru mengkonsumsi suplemen otak karena bisa saja tidak cocok untuk Anda dan janin. Kalaupun Anda ingin, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

LEAVE A REPLY