resiko sering operasi caesar oleh Hamil SegiEmpatPara Ibu yang tidak mampu melakukan persalinan normal biasanya akan melakukan operasi caeser. Operasi yang dilakukan dengan membuka dinding perut dan uterus ini seringkali menimbulkan masalah, terlebih lagi setelah melahirkan. Selain itu, wanita yang menjalani operasi caesar juga harus memberikan jarak kelahiran kepada buah hatinya. Tapi juga Ibu yang tidak menunda jarak kelahiran buah hatinya dan proses kelahiran buah hatinya dilakukan dilakukan dengan melakukan operasi caesar. Padahal ada resiko yang bisa terjadi jika Ibu sering melakukan operasi caesar.

Persalinan caesar dilakukan dengan cara membedah perut Ibu. Hal itulah yang membuat dokter menyarankan untuk memberikan jangka waktu jika Ibu ingin kembali melakukan operasi caesar. Selain itu, Ibu juga disarankan untuk melakukan operasi caesar lebih dari tiga kali. Karena jika Ibu melakukan operasi caesar lebih dari 3 kali, maka Ibu beresiko mengalami pengangkatan rahim dan transfusi darah saat dioperasi. Tidak hanya itu, Ibu juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena komplikasi ketika melahirkan.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa resiko yang terjadi jika Ibu sering melakukan operasi caesar:

  • Rahim yang Pecah

Bekas luka pada rahim yang terjadi karena operasi biasanya masih lebih rentan untuk robek. Ketika Anda menjalani operasi disaat luka ini belum terlalu sembuh, maka rahim bisa pecah sehingga dapat meningkatkan resiko kematian pada bayi.

  • Rasa Tidak Nyaman pada Perut

Operasi yang berulang kali dilakukan pada perut akan membuat perut terasa tidak nyaman atau adhesi. Hal ini tentu akan menyebabkan masalah tersendiri bagi Anda.

  • Terjadinya Plasenta Previa

Operasi caesar yang dilakukan berulang kali beresiko membuat plasenta yang berada di dekat rahim mengalami pendarahan. Bukan tidak mungkin kalau hal ini akan menyebabkan keguguran dan Ibu membutuhkan transfusi darah.

  • Plasenta yang Menempel

Luka bekas operasi caesar juga akan menyebabkan placenta accrete atau plasenta yang menempel pada dinding rahim. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya pendarahan atau kerusakan pada rahim.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berusaha untuk menjaga kehamilan untuk menurunkan resiko operasi caesar, terlebih lagi pada kehamilan pertama. Operasi caesar yang dilakukan lebih dari tiga kali akan meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan untuk Ibu.

LEAVE A REPLY