penyebab plasenta berkapur oleh Hamil SegiEmpatSalah satu komponen penting yang harus dijaga selama kehamilan adalah plasenta. Hal ini karena komponen inilah yang berfungsi sebagai jalan masuknya makanan dan oksigen dari Ibu ke dalam tubuh bayi. Namun ada suatu keadaan yang dinamakan plasenta berkapur. Plesanta berkapur adalah keadaan dimana terjadi gumpalan darah beku pada plasenta sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah serta menyebabkan gangguan pada aliran darah yang menuju ke bayi.

Penyebab plasenta berkapur adalah karena Ibu hamil mengalami masalah kesehatan seperti infeksi, preeklamsia berat, hipertensi dan masalah antibodi. Tidak hanya itu, masalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minuman beralkohol serta junk food sebelum hamil dan saat hamil juga bisa mnjadi penyebab plasenta berkapur.

Meskipun tidak memberikan dampak serius untuk Ibu tapi masalah kesehatan ini bisa membuat Ibu melahirkan dengan operasi caesar. Ibu yang mengalami masalah kehamilan ini tidak disarankan untuk melakukan persalinan normal karena induksi yang diberikan bisa beresiko tinggi untuk janin. Selain itu, dokter juga akan melihat stres pada janin untuk melihat apakah memang harus dilakukan operasi caesar.

Tidak hanya untuk Ibu, plasenta berkapur juga bisa memberikan dampak untuk janin. Penumpukan kalsium pada plasenta akan mematikan plasenta dan menggantinya dengan jaringan ikat. Namun semua itu tergantung pada pengapuran yang terjadi. Semakin banyak pengapuran, maka semakin terganggu pula suplai oksigen dan nutrisi pada janin. Hal ini karena plasenta berkapur akan menyumbat pembuluh darah yang menuju ke janin sehingga mengganggu perkembangan janin dan memicu persalinan prematur.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan mengukur pertumbuhan janin, arus aliran darah dan cairan ketuban. Jika memang diperlukan, dokter akan memberikan obat untuk mengencarkan darah sehingga aliran darah yang menuju janin bisa lancar. Jika aliran darah lancar, maka nutrisi dan oksigen yang menuju ke janin juga akan lancar.

Tapi sebenarnya ada cara untuk mencegah plasenta berkapur. Yang perlu Ibu lakukan hanyalah menerapkan gaya hidup sehat saat sedang merencanakan kehamilan serta saat hamil. Ibu harus mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebugaran tubuh dan menghindari gaya tidak sehat. Tidak hanya itu, Ibu juga harus menghindari stres dan selalu memeriksakan diri ke dokter.

 

LEAVE A REPLY