mengatasi kaki kram saat hamil oleh Hamil SegiEmpatAda banyak perubahan fisik yang terjadi ketika kehamilan Ibu telah memasuki trimester akhir dan seringkali Ibu mengeluhkan hal tersebut. Beberapa perubahan yang terjadi memang akan membuat Ibu merasa tidak nyaman. Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan Ibu adalah kaki kram saat hamil.

Kram pada kaki yang biasanya disertai dengan otot betis yang tegang ini pasti akan membuat Ibu merasa tidak nyaman. Kram ini juga biasanya terjadi karena perut Ibu yang sudah semakin membesar sehingga menyebabkan tekanan pada pembuluh darah balik Ibu. Tekanan inilah yang kemudian menyebabkan sumbatan pada peredaran darah yang terdapat di kaki. Jika peredaran darah tersumbat, maka sirkulasi darah akan menjadih lebih lambat dan menyebabkan kram.

Hal lain yang menyebabkan kram adalah otot yang kelehahan menahan berat tubuh dan rahim yang semakin membesar sehingga menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Meskipun sangat tidak nyaman, tapi sebenarnya Ibu bisa mencegah kaki kram saat hamil dengan cara berikut ini:

  • Cukupilah kebutuhan air putih Ibu agar Ibu terhindar dari dehidrasi serta membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium dan mineral sehingga bisa mengurangi kram yang seringkali muncul tiba-tiba.
  • Jangan menggunakan sepatu berhak tinggi karena sepatu seperti itu akan memberi tekanan pada betis dan ujung kaki.
  • Usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama karena beban pada Ibu hamil menjadi dua kali lipat lebih banyak. Beban berlebihan pada kaki akan memicu terjadinya kram.
  • Sebaiknya Anda melakukan peregangan untuk meningkatkan fleksibiltas dan mobilitas. Anda hanya perlu sesekali memutar persendian kaki searah dengan jarum jam.

Namun jika Anda tiba-tiba terkena kram, berikut ini adalah cara mengatasi kaki kram saat hamil:

  • Berikan pijatan yang lembut dan perlahan pada otot kaki yang kram.
  • Luruskan kaki dan tumit dan perlahan agar Anda bisa merasa lebih rileks. Setelah itu, Anda bisa mulai menekuk jari kaki dan tumit.
  • Jika kram menyerang saat Anda sedang tidur atau duduk, maka naikkan jari-jari kaki Anda ke atas dengan perlahan. Setelah itu, perlahan-lahan bangunlah dan rilekskan kaki Anda selama beberapa menit. Lakukan ini hingga kram yang Anda alami berkurang.

LEAVE A REPLY