ibu hamil penderita jantung oleh Hamil SegiEmpatPenyakit jantung adalah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa berakibat pada kematian. Masalah ini seringkali akan menjadi sangat menakutkan bagi Ibu hamil. Hal ini karena Ibu khawatir kalau nantinya penyakitnya akan membahayakan dirinya ataupun janin dalam kandungannya. Namun sebenarnya Ibu hamil penderita jantung masih bisa menjalani kehamilan yang sehat.

Namun Ibu juga harus berhati-hati, mengingat kerja jantung Ibu yang semakin meningkat saat sedang hamil. Tapi semua itu tidak menjadi masalah jika Ibu melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter kandungan ataupun kepada dokter ahli jantung. Selain itu, Ibu juga harus memiliki kesiapan mental dan fisik. Karena seringkali wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung merasa sakit dada dan seperti kehabisan napas ketika hamil. Mengalami hal ini pasti akan membuat Ibu ketakutan sehingga Ibu harus rajin memeriksakan diri kepada ahli medis.

Berikut ini adalah tips bagi Ibu hamil penderita jantung:

  • Rutin Berkonsultasi dengan Ahli Medis

Salah satu cara mengurangi resiko terjadinya masalah kesehatan pada Ibu dan janin adalah dengan melakukan pemeriksaan pada ahli medis. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan ketika Anda sedang menjalankan program kehamilan, saat sedang hamil, saat akan melahirkan dan ketika sedang menyusui. Dengan begini, dokter bisa memantau keadaan kesehatan Anda.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung. Contohnya ikan yang mengandung Omega 3 sehingga bisa memperbaiki denyut jantung, oatmeal yang bisa menyerap kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah arteri jantung, serta bayam yang mengandung potasium dan serat yang bisa menjaga kesehatan jantung.

  • Jangan Terlalu Lelah

Seorang wanita hamil disarankan untuk lebih sering beristirahat, terlebih lagi jika menderita penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda tidak terlalu lelah sehingga beban jantung juga tidak akan terlalu berat. Karena jika jantung bekerja terlalu berat, maka Anda akan merasa sesak.

  • Melakukan Persiapan Menyusui

Pastikan juga kalau Anda melakukan persiapan fisik dan mental dalam rangka pemberian ASI kepada buah hati Anda. Karena pemberian ASI sendiri akan membantu Anda untuk menurunkan kadar lemak yang terdapat pada perut. Jika kadar lemak menurun, maka resiko penyakit jantung untuk kambuh juga akan berkurang.

LEAVE A REPLY