ibu hamil mendengkur oleh Hamil SegiEmpatMeskipun terlihat sepele tapi mendengkur adalah salah satu masalah tidur yang harus diatasi, terlebih lagi Ibu hamil mendengkur. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan dengkuran seperti kelebihan berat badan atau gangguan tidur. Seorang wanita yang sedang hamil memang disarakan untuk meningkatkan berat badannya. Hal ini untuk menjaga kebutuhan nutrisi bayi.

Mengorok ketika tidur juga adalah salah satu tanda dari sleep apnea, yaitu keadaan dimana napas Ibu berhenti sejenak ketika tidur. Hal ini terjadi karena saluran pernapasan yang menyempit sehingga menyebabkan hambatan pada saluran udara. Hal ini kemudian membuat tubuh mengalami penurunkan kadar oksigen.

Ibu hamil mendengkur biasanya mulai terjadi ketika usia kehamilan memasuki minggu ke dua puluh. Kenaikan berat badan Ibu menyebabkan terjadinya peningkatan beberapa hormon. Kenaikan hormon inilah yang kemudian akan menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan.

Bagi Ibu yang mengalami masalah mendengkur ketika tidur, Ibu harus berhati-hati karena penyakit ini dapat meningkatkan resiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia ada suatu keadaan dimana Ibu mengalami peningkatan kadar protein dalam urine Ibu serta tekanan darah tinggi pada Ibu. Setiap wanita hamil memilliki resiko untuk terkena preeklampsia sebesar 5 hingga 8 persen. Masalah ini tentu akan membahayakan Ibu ataupun janin di dalam kandungannya. Karena preeklampsia dapat menyebabkan masalah pada perkembangan janin hingga kematian janin.

Masalah lain yang bisa terjadi karena mendengkur yang terjadi pada Ibu hamil adalah meningkatnya resiko bagi Ibu untuk terkena stroke. Seperti yang diketahui kalau stroke adalah penyakit yang cukup ditakuti karena membuat penderitanya kehilangan fungsi tubuhnya.

Efek mendengkur pada Ibu hamil untuk bayi ini belum diketahui secara pasti. Tapi para peneliti mulai mereka aktivitas bayi lewat ultrasound. Jika bayi aktif bergerak dalam kandungan, berarti bayi tersebut sehat. Dengkuran yang tidak terlalu berat juga tidak akan mempengaruhi aliran darah dari Ibu yang menuju ke bayi. Meski demikian, Ibu tetap harus berusaha untuk mengatasi masalah dengkuran. Karena jika masalah dengkuran Ibu sudah teratasi, maka aliran darah di dalam tubuh bayi akan lebih lancar dan sehat sehingga bayi yang berada dalam kandungan bisa tumbuh dengan normal dan juga sehat.

LEAVE A REPLY