faktor penyebab cacat lahir oleh Hamil SegiEmpatKehamilan adalah hal yang menggembirakan bagi Ibu, apalagi yang sudah lama menantikan buah hatinya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan Ibu selama hamil, termasuk faktor penyebab cacat janin agar Ibu bisa menghindari hal tersebut. Semua orang pasti ingin bayinya lahir dengan normal dan sempurna serta tidak memiliki cacat apapun.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab cacat janin yang sebaiknya Anda hindari:

  • Terlalu Banyak Konsumsi Junk Food

Junk food memang memiliki rasa yang lezat. Tapi makanan ini mengandung zat aditif, yang bisa membuat Anda menjadi ketagihan dan ingin selalu mengkonsumsinya serta zat pewarna buatan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan ini saat hamil akan memberikan dampak pada perkembangan otak janin. Janin akan memiliki IQ yang rendah serta hiperaktif.

  • Terlalu Banyak Kafein

Kafein akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan Anda lebih bersemangat dalam bekerja. Namun konsumsi terlalu banyak kafein akan memberikan efek buruk pada anak Anda nantinya. Buah hati Anda akan sulit untuk menerima pelajaran di sekolah, menjadi hiperaktif serta memiliki IQ yang rendah.

  • Terlalu Sering Mengkonsumsi MSG

MSG adalah zat yang memiliki efek yang sama seperti zat aditif yang terdapat di dalam junk food. Makanan jenis ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan otak pada janin. Salah satu jenis makanan yang mengandung banyak MSG adalah makanan Cina. Oleh karena itu, hindarilah untuk mengkonsumsi makanan tersebut saat hamil.

  • Menjadi Perokok Aktif ataupun Pasif

Rokok mengandung nikotin yang berbahaya untuk Ibu ataupun janin dalam kandungan. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasifpun demikian. Racun yang terdapat dalam rokok akan membuat anak memiliki perilaku yang tidak baik dan juga IQ yang rendah. Oleh karena itu, hindarilah asap rokok.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Alkohol yang bisa memberikan efek memabukkan adalah salah satu hal yang juga bisa menyebabkan cacat lahir. Seorang wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol ketika hamil akan memiliki resiko melahirkan bayi yang mengalami kerusakan otak. Tidak hanya itu, perkembangan janin di dalam kandungannya juga akan terganggu.

LEAVE A REPLY