pilihan buah wanita hamil oleh Hamil SegiEmpatWanita yang sedang mengandung membutuhkan begitu banyak vitamin, mineral dan enzim untuk kesehatan Ibu dan juga janin yang berada di dalam kandungannya. Ibu hamil membutuhkan gizi dan nutrisi yang lebih banyak daripada ketika tidak hamil. Hal itu bisa didapatkan dari buah dan sayuran.

Ada beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung adalah:

  • Manggis

Manggis adalah salah satu buah yang bisa mencukupi asupan gizi dan nutrisi Ibu hamil. Manggis mengandung vitamin C yang bisa menjaga elastisitas kulit yang akan melar karena pertumbuhan janin serta imunitas tubuh. Selain itu, manggis juga mengandung asam folat dan mangan. Asam folat bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya cacat lahir pada bayi sedangkan mangan bermanfaat untuk membantu pembentukan kerangka dan tulang rawan janin serta melindungi janin dari radikal bebas.

  • Kurma

Selain sebagai makanan yang dianjurkan saat buka puasa, ternyata kurma juga menjadi makanan yang disarankan untuk Ibu hamil. Kurma mengandung besi, belerang, fosfor, kalsium, kalium dan magnesium yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Selain itu, kandungan gula dalam buah kurma juga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh Ibu. Zat besi yang terdapat di dalam kurma juga akan membantu untuk menambah jumlah hemoglobin pada tubuh Ibu sehingga dapat mencegah anemia. Kalium yang terdapat di dalam kurma akan membantun untuk megnatasi kram. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalam kurma juga dapat menguatkan dinding rahim dan mencukupi kebutuhan energi Ibu dalam rangka persiapan persalinan.

  • Alpukat

Alpukat memang memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk Ibu hamil. Alpukat menandung asam folat, kalium dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Asam folat memiliki peran penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin sehingga dapat menghindarkan janin dari cacat lahir. Sedangkan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam alpukat dapat mengatasi rasa mual dan muntah pada trimester awal kehamilan. Jadi ada baiknya jika Anda sering mengkonsumsi buah alpukat pada trimester awal kehamilan.

LEAVE A REPLY