nutrisi Ibu hamil 5 bulan oleh Hamil SegiEmpatKesehatan buah hati Anda sangat ditentukan oleh keadaan Anda ketika hamil. Pada bulan kelima kehamilan, janin sudah semakin kuat, namun masih ada resiko untuk terjadi keguguran. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan kesehatannya, salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisinya.

Pada masa ini perut Ibu sudah mulai terlihat dan berat badan semakin meningkat. Selain itu, janin juga sudah mulai sensitif dan bergerak aktif. Memasuki bulan kelima, Ibu sudah tidak lagi mengalami mual dan muntah serta penciuman yang sudah tidak terlalu peka.

Berikut ini asupan nutrisi untuk Ibu hamil 5 bulan:

  • Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh janin serta bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan janin. Tidak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan serta pertumbuhan tulang dan kulit janin. Anda bisa memperoleh manfaat vitamin A dari apel, bayam, buah naga, pepeaya, tomat dan wortel. Namun pastikan kalau Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

  • Zat Besi dan Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah sehingga menurunkan resiko bagi Ibu untuk terkena anemia. Sedangkan vitamin C akan membantu penyerapan zat besi dan merupakan antioksidan yang akan melindungi jaringan dalam tubuh.

  • Kalsium dan Vitamin D

Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Karena ketika janin kekurangan kalsium, maka dia akan mengambil kalsium dari tulang Ibunya sehingga Ibu beresiko terkena osteoporosisi. Selain itu, mencukupi kebutuhan kalsium juga akan mengurangi mual dan muntah pad Ibu. Ibu juga membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium. Ibu bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi, kuning telur dan hati ikan.

  • Omega 3

Ibu juga harus mengkonsumsi makanan yang menandung Omega 3 untuk menunjang perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu bisa mendapatkan manfaat Omega 3 dari telur, kacang kedelai, ikan salmon, ikan sarden dan ikan makarel. Jika otak janin bisa berkembang dengan baik, maka dia akan terhindar penyakit cacat lahir.

LEAVE A REPLY