nutrisi Ibu hamil bulan kedua oleh Hamil SegiEmpatTidak banyak perubahan fisik yang terjadi ketika kehamilan telah memasuki bulan kedua, tapi tidak demikian halnya dengan perubahan psikis. Pada masa ini, detak jantung bayi sudah semakin jelas, telinganya sudah semakin sempurna dan sudah mulai ada pembentukan ginjal dan saluran pencernaan. Oleh karenai itu, sangat penting bagi Ibu untuk selalu memenuhi nutrisi untuk Ibu hamil. Hal ini diperlukan untuk kesehatan Ibu serta kesehatan dan perkembmangan janin yang terdapat dalam kandungan.

Berikut ini adalah nutrisi yang harus dipenuhi Ibu pada bulan kedua kehamilan:

  • Karbohidrat

Hal pertama yang harus diperhatikan Ibu adalah Ibu membutuhkan energi yang lebih besar saat sedang hamil. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, meskipun Ibu terganggu dengan mual dan muntah ketika hamil.

  • Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi yang begitu penting untuk Ibu hamil. Hal ini karena Ibu hamil membutuhkan lebih banyak sel darah merah ketika hamil. Sedangkan zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Ibu bisa mendapatkan zat besi dari daging merah, hati, jeruk, kuning telur dan sayuran hijau.

  • Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu dan bayi untuk mencukupi kebutuhan darah dalam janin, pembentukan sistem saraf pusat dan mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Anda bisa mendapatkan asam folat dari alpukat, hati sapi, jeruk dan sayuran hijau.

  • Vitamin A, B , D dan E

Ibu juga harus mencukup kebutuhan vitamin A, B, D dan E untuk pembentukan sel darah baru, pembentukan gigi dan tulang serta membantu kinerja metabolisme dalam tubuh. Ibu bisa mendapatkan semua vitamin tersebut dari sayuran dan buah dengan warna yang bervariasi.

  • Vitamin C

Ibu juga harus mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Karena vitamin C berfungsi untuk membantu pembentukan jaringan tubuh jani. Tidak hanya itu, pemenuhan kebutuhan tubuh akan vitamin C juga akan membantu untuk penyerapan zat besi secara maksimal serta mengurangi resiko terjadinya preeklampsia. Ibu bisa mendapatkan vitamin C dari brokoli, jeruk, kiwi dan strawberry.

LEAVE A REPLY