nutrisi Ibu hamil 7 bulan oleh Hamil SegiEmpatKetika kehamilan Ibu telah memasuki bulan ketujuh, biasanya perkembangan janin sudah sangat pesat dan organ-organ penting dalam tubuhnya sudah terbentuk secara sempurna. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk memenuhi asupan nutrisi untuk Ibu dan juga janin dalam kandungannya.

Memenuhi kebutuhan Ibu tidak hanya akan menjaga kesehatan Ibu dan janin tapi juga akan mengurangi beberapa keluhan yang biasanya terjadi pada usia 7 bulan kehamilan. Beberapa keluhan yang biasanya dialami pada usia 7 bulan kehamilan adalah sakit kepala, nyeri pada pinggang, sering buang air kecil dan kaki kram.

Berikut ini beberapa asupan nutrisi untuk usia kehamilan 7 bulan:

  • Yodium

Senyawa tiroksin yang terkandung di dalam yodium akan membantu untuk pembentukan sel baru sehingga menurunkan resiko terjadinya tubuh kerdil. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk mencukupi kebutuhan yodium. Ibu bisa mencukupi kebutuhan yodium dari garam dapur beryodium dan ikan. Tapi pastikan kalau Anda tidak mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan.

  • Vitamin B6

Ibu membutuhkan vitamin B6 untuk membantu proses kimia dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga akan membantu proses metabolisme tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin B6 dari ayam, daging sapi dan ikan.

  • Kalsium

Kalsium adalah zat yang sangat penting untuk Ibu hamil karena akan menjaga kesehatan tulang Ibu dan janin dalam kandungan. Janin yang sudah semakin besar saat usia 7 bulan kehamilan pasti akan membutuhkan lebih banyak kalsium. Oleh karena itu, Ibu harus memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Ibu bisa mendapatkan manfaat kalsium dari susu.

  • Kalori

Ibu hamil juga membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan energinya selama hamil. Selain menjaga berat badan Ibu, kalori juga dibutuhkan untuk mengurangi keluhan yang terjadi selama kehamilan. Ibu bisa mendapatkan kebutuhan kalori dari nasi, kentang, umbi dan singkong.

  • Buah – Buahan

Buah – buahan memang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan, terlebih lagi untuk Ibu hamil. Salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk Ibu hamil adalah pepaya, yang bisa menurunkan resiko terjadi heartburn. Pepaya dapat mengurangi jumlah asam hidroalat lambung sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

LEAVE A REPLY