manfaat kacang hijau untuk ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatKacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan oleh orang Indonesia. Bahan makanan ini seringkali dibuat menjadi bubur dan puding. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga mengandung protein nabati yang tinggi. Selain protein, kadang hijau juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Jadi tidak salah kalau manfaat kacang hijau untuk Ibu hamil juga sangat banyak.

Adapun beberapa kandungan serta manfaat kacang hijau untuk Ibu hamil adalah:

  • Protein

Kandungan protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat memenuhi 24 persen kebutuhan protein tubuh. Protein ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dalam tubuh, termasuk sel rambut. Hal inilah yang membuat orangtua menganjurkan Ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau agar anaknya bisa memiliki rambut yang lebat.

  • Kalsium dan Fosfor

Kedua nutrisi yang bermanfaat untuk tulang ini juga terkandung di dalam kacang hijau.

  • Serat

Masalah sembelit adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada Ibu hamil. Dengan adanya serat yang terkandung di dalam kacang hijau, maka Ibu menjaga kesehatan serta melancarkan pencernaan.

  • Karbohidrat Kompleks

Seseorang akan merasa kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi kacang hijau. Hal ini karena kandungan karbohidrat kompleks pada kacang hijau. Karbohidrat komplek ini dapat menjaga kestabilan energi tubuh yang dibutuhkan oleh Ibu hamil.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan nafsu makan, sumber tenaga, pertumbuhan serta memaksimalkan kerja syaraf. Vitamin B ini adalah salah satu nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 ini diperlukan tubuh dalam penyerapan protein. Jika protein terserap dengan baik, maka pertumbuhan dan perkembangan janin juga bisa optimal.

  • Asam Folat

Selain semua kandungan tersebut, kacang hijau juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Asam folat diperlukan janin untuk perkembangan syarafnya. Nutrisi ini juga bisa mencegah terjadinya cacat lahir seperti bibir sumbing atau kelainan jantung. Selain itu, asam folat juga bisa membuat bayi menjadi lebih cerdas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai mengkonsumsi kacang hijau sejak awal kehamilan.

LEAVE A REPLY