makanan Ibu hamil 8 bulan oleh Hamil SegiEmpatJanin sudah mencapai kesempurnaan pada usia kehamilan 8 bulan. Mata janin sudah ditumbuhi bulu mata dan sudah bisa membuka serta menutup. Tidak hanya itu, paru-paru dan plasenta janin juga sudah mulai matang. Tidak hanya otak janjin juga sudah berkembang dengan pesan dan janin bergerak semakin aktif. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Selain untuk mencukupi kebutuhan Anda dan janin dalam kandungan, mengkonsumsi makanan sehat juga akan membantu mengurangi keluhan yang terjadi selama kehamilan. Selain itu, Ibu juga bisa menurunkan resiko bagi Ibu untuk terkena preeklamsia. Resiko preeklamsia ini akan semakin meningkat saat usia 8 bulan kehamilan karena terjadinya pengenceran darah.

Berikut ini adalah menu makanan sehat untuk Ibu hamil 8 bulan:

  • Umbi-Umbian dan Nasi Merah

Ibu membutuhkan kalori untuk pertumbuhan janin serta plasenta. Ibu bisa memenuhi kebutuhan kalori dari umbi-umbian dan kacang-kacangan. Selain itu, sebaiknya juga Ibu mengkonsumsi nasi merah yang mengandung serat sehingga bisa mengatasi sembelit yang seringkali menjadi masalah pada wanita hamil.

  • Air

Sangat penting menjaga kebutuhan cairan Ibu agar proses metabolisme bisa lancar serta suhu tubuh Ibu tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan kalau Ibu mencukupi kebutuhan cairan.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung vitamin D yang sangat diperlukan pada usia 8 bulan kehamilan. Vitamin B1, B2, dan B6 akan membantu dalam proses metabolisme tubuh Ibu. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dan pembentukan otak janin. Jadi sebaiknya Anda memasukkan kacang kedelai dalam menu makanan harian Anda.

  • Sayuran Berwarna Hijau dan Jingga

Sayuran berwarna hijau dan jingga akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sehingga akan menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan bayi lahir prematur. Tidak hanya itu, sayuran ini juga akan membantu Anda untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan embrio serta meningkatkan imunitas tubuh bayi.

  • Brokoli dan Jeruk

Brokoli dan jeruk adalah bahan makanan yang mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan jaringan dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi sehingga bisa menurunkan resiko bagi Ibu untuk terkena anemia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY