makanan Ibu hamil 9 bulan oleh Hamil SegiEmpatKetika kehamilan telah memasuki bulan kesembilan, tentu Ibu sedang harap-harap cemas menantikan kehadiran buah hati. Meskipun perkembangan janin sudah sempurna, tapi Ibu tetap harus mengkonsumsi makanan sehat. Karena ada beberapa Ibu hamil yang mengalami sesak napas pada masa ini. Hal ini terjadi karena janin menekan diafragma Ibu. Tidak hanya itu, tulang iga yang terdesak juga akan membuat Ibu merasakan heartburn.

Selain itu, beban Ibu yang semakin berat juga akan meningkatkan resiko untuk terkena varises. Bahkan Ibu beresiko untuk terkena anemia yang bisa menyebabkan masalah saat persalinan nantinya. Oleh karena itu, pastikan kalau Ibu tetap menjaga pola hidup sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dibutuhkan Ibu saat kehamilan memasuki bulan kesembilan:

  • Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah cacat janin serta zat besi yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya anemia.

  • Buah Pisang

Pisang mengandung mineral dan zat besi yang bisa menurunkan resiko terjadinya anemia menjelang persalinan. Anda bisa mencampurkan pisang dan gandum sebagai menu sarapan Anda.

  • Madu

Madu adalah bahan makanan yang kaya akan zat besi sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya anemia menjelang persalinan. Anda bisa mencampurkan madu dengan buah-buahan sehingga Anda bisa mendapatkan tambahan manfaat.

  • Buah Kurma

Kurma mengandung kalori yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Tidak hanya itu, kurma juga bisa membantu untuk memperlancar oksigen yang menuju ke janin. Anda bisa mengkonsumsi 2 butir kurma saat sarapan dan 2 butir saat makan siang.

  • Brokoli

Brokoli mengandung asam folat, vitamin dan zat besi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, terutama menjelang persalinan. Mengkonsumsi brokoli akan membantu Ibu mengurangi resiko anemia serta melancarkan pencernaan. Selain brokoli, Ibu juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis sayuran hijau lainnya.

  • Nasi

Ibu juga harus memperhatikan kebutuhan kalori menjelang persalinan. Kalori dibutuhkan untuk menjaga kecukupan energi Ibu menjelang persalinan. Ibu bisa memenuhi kebutuhan kalori dari nasi, gandum dan umbi-umbian.

LEAVE A REPLY