makanan ibu hamil 6 bulan oleh Hamil SegiEmpatPerut yang sudah semakin membesar adalah salah satu tanda yang paling terlihat ketika kehamilan telah memasuki bulan keenam. Pada saat ini, bayi sudah mulai bisa memberikan respon terhadap stimulasi yang diberikan oleh orangtuanya. Selain itu, beberapa bagian tubuhnya juga sudah semakin lengkap. Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan makanan bayi.

Berikut ini adalah asupan makanan sehat saat hamil 6 bulan:

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah bahan makanan yang sangat disarankan untuk Ibu hamil karena bisa memberikan untuk Ibu ataupun janin dalam kandungannya. Selain itu, Ibu yang sering makan sayur saat hamil akan membuat bayinya lebih mudah mengkonsumsi sayuran saat dia telah mendapatkan makanan pendamping ASI.

  • Kacang Buncis

Di dalam buncis terkandung serat dan protein yang lebih banyak daripada jenis kacang lainnya. Protein yang terkandung dalam buncis akan menjaga kesehatan janin. Sedangkan kandungan seratnya akan membantu untuk melancarkan pencernaan. Saat kehamilan berada pada bulan keenam, Ibu akan lebih sering mengalami masalah pencernaan sehingga membutuhkan serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar megandung karatenoid, terutama yang berwarna jingga, mengandung karatenoid yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan folat dalam ubi jalan juga akan mencukupi kebutuhan nutrisi Ibu hamil dan perkembangan janin.

  • Telur

Telur kaya akan kolin yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan janin. Selain itu, telur juga mengandung kalori, protein, vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh Ibu hamil. Namun pastikan kalau Anda mengkonsumsi telur yang telah benar-benar matang.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Omega 3 yang begitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi 12 ons ikan salmon dalam seminggu. Namun pastikan kalau Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsinya karena sekarang ini salmon mengandung merkuri yang bisa mengganggu perkembangan saraf bayi.

  • Daging Tanpa Lemak

Meskipun Anda harus memperhatikan berat badan saat hamil, namun Anda juga harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisi. Salah satu makanan yang harus Anda konsumsi adalah daging tanpa lemak. Jenis daging ini akan mencukupi kebutuhan zat besi Ibu tanpa menambahkan lebih banyak lemak.

LEAVE A REPLY