makanan bulan pertama kehamilan oleh Hamil SegiEmpatKetika mendapatkan hasil yang positif dari alat tes kehamilan, pasti Anda akan merasa begitu gembira. Terlebih lagi jika Anda sudah begitu lama menantikan kehamilan. Karena usia kandungan yang masih begitu rentan, maka ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah asupan makanan.

Ada beberapa makanan yang direkomendasikan pada bulan pertama kehamilan. Hal ini karena beberapa bagian tubuh yang penting dari janin sudah mulai terbentuk. Selain itu, ada banyak perubahan mendasar yang terjadi pada Ibu hamil sehingga Ibu akan merasa kaget atau bahkan stres. Tidak hanya itu, Ibu juga akan mual dan muntah sehingga makanan sulit untuk masuk. Padahal sangat penting bagi Ibu untuk selalu menjaga kecukupan gizi dan nutrisi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya Ibu konsumsi pada bulan pertama kehamilan:

  • Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalam nutrisi yang dibutuhkan Ibu baik ketika sedang melakukan program hamil, terlebih lagi ketika Anda sedang hamil. Asam folat ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kecacatan pada tabung saraf yang kemudian bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi. Adapun beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah alpukat, bayam, brokoli, gandum, kacang kedelai, kacang merah, kembang kol, kuning telur, jagung, jambu, sayuran hijau, sereal, susu dan wortel.

  • Makanan yang Mengandung Zat Besi

Sangat penting bagi Ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan zat besinya, terlebih lagi pada bulan pertama kehamilannya. Hal ini karena Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk dirinya dan juga janin dalam kandungannya. Seorang Ibu hamil membutuhkan sel darah merah dua kali lipat lebih banyak. Dengan tercukupi kebutuhan zat besi dan sel darah mereha, maka resiko bagi Ibu untuk mengalami lemah, letih dan lesu karena anemia juga akan berkurang. Adapun makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, daging sapi dan kentang.

  • Makanan yang Mengandung Kalsium

Sangat penting juga bagi Ibu untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, terlebih lagi pada minggu keempat kehamilannya. Kalsium yang dikonsumsi Ibu akan membantu dalam pembentukan tulang janin. Karena ketika janin kekurangan kalsium, maka dia akan mengambilnya dari Ibu. Hal itulah yang kemudian menempatkan Ibu pada resiko untuk mengalami tulang keropos. Adapun makanan yang mengandung kalsium adalah susu, keju, yoghurt dan sebagainya.

LEAVE A REPLY