makanan bulan keempat kehamilan oleh Hamil SegiEmpatKetika kehamilan telah memasuki bulan keempat, maka asupan makanan Ibu juga harus semakin kompleks. Karena meskipun kandungan sudah lebih kuat, tapi tetap saja ada resiko untuk terjadinya keguguran ataupun gangguan kesehatan pada janin. Selain itu, bayi juga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk perkembangannya.

Berikut ini asupan nutrisi pada bulan keempat kehamilan:

  • Makanan Rendah Lemak

Meskipun Ibu dianjurkan untuk meningkatkan berat badan selama hamil namun kenaikan tersebut tidak boleh berlebihan. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Anda bisa memasukkan daging dan susu rendah lemak sebagai menu harian Anda.

  • Menambah Asupan Serat

Berbagai perubahan pada fisik Ibu pada bulan keempat kehamilan seringkali membuat Ibu mengeluh. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat akan mengurangi resiko terjadinya konstipasi serta berbagai masalah pencernaan lainnya. Makanan yang mengandung serat juga bisa Anda temukan dengan mudah seperti brokoli, jeruk, kacang-kacangan dan semangka.

  • Makanan yang Mengandung Kalsium

Seorang Ibu hamil begitu membutuhkan makanan yang mengandung kalsium. Kalsium ini dibutuhkan oleh Ibu dan janin dalam perkembangan tulang rawan janin. Dengan mencukupi kebutuhan kalsium untuk janin, maka Ibu akan terhindar dari resiko tulang keropos karena kalsiumnya diambil oleh janin. Adapun beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah susu, keju serta sayuran yang berdaun hijau.

  • Zat Besi

Seorang Ibu hamil membutuhkan lebih banyak sel darah merah. Hal ini karena dia harus mencukupi kebutuhan sel darah merah untuknya dan juga janin dalam kandungannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Ibu bisa mendapatkan asupan zat besi dari pisang, labu dan kurma.

  • Makanan yang Mengandung Protein

Pastikan kalau Anda mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh untuk perkembangan janin dalam kandungan. Namun pastikan kalau Anda menyeimbangkan antara protein hewani dan nabati. Protein diperlukan tubuh untuk proses pembelahan sel. Anda bisa mendapatkan manfaat protein dari susu, telur, buah-buahan dan sayur-sayuran.

LEAVE A REPLY