kebutuhan mineral Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatPara Ibu hamil diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Hal ini karena kebutuhan mineral Ibu hamil. Peningkatan hal tersebut terjadi karena Ibu juga harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bayi yang berada dalam kandungannya.

Berikut ini adalah kebutuhan mineral Ibu hamil:

  • Kalsium

Kebutuhan kalsium Ibu hamil mengalami peningkatan karena dia juga harus mencukupi kebutuhan janinya. Janin membutuhkan 20 hingga 30 mg kalsium setiap harinya dan hal tersebut pastilah akan diambil dari Ibunya. Jika bayi kekurangan kalsium, maka dia akan mengambil dari tulang Ibunya. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan kalsium Ibu, yaitu sebanyak 1000 mg setiap harinya. Anda bisa mendapatkan asupan tersebut dari susu, keju, yoghurt, brokoli, salmon, sarden dan sebagainya. Kalsium akan mencegah terjadinya pre-eklampsia dan keracunan serta membantu pertumbuhan otot, saraf, jantung dan sistem enzim pada janin..

  • Yodium

Zat ini diperlukan tubuh untuk membentuk hormon tiroid yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak janin. Janin yang kekurangan yodium akan mengalami kretinisme. Selain itu, yodium dapat menurunkan resiko terjadinya keguguran. Anda bisa mendapatkan manfaat yodium dari garam beryodium, susu, ikan, rumput laut, udang dan kerang.

  • Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk menjaga jumlah darah yang bertugas membawa oksigen dan zat makanan ke dalam tubuh. Ibu hamil mengalami peningkatan kadar zat besi karena pembentukan plasenta dan terjadinya peningkatan kadar hormon pada Ibu hamil. Pada trimester awal, Ibu hamil membutuhkan zat besi sekitar 26 mg setiap hari. Ketika telah memasuki trimester kedua hingga melahirkan, kebutuhan tersebut akan meningkat sebanyak 9 mg setiap harinya. Mencukupi kebutuhan zat besi akan menghindarkan Ibu hamil dari anemia. Adapun makanan yang bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi Ibu hamil adalah buah, daging, hati, ikan, kacang-kacangan, sayuran dan susu.

  • Zinc

Zinc adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, pertumbuhan sistem syaraf pusat serta kekebalan tubuh Ibu dan janin. Anda bisa memenuhi kebutuha zinc atau seng pada bayi dengan mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari laut atau seafood.

LEAVE A REPLY