yang bisa menurunkan kualitas sperma oleh Hamil SegiEmpatSalah satu hal yang mempengaruhi kebersihan terjadinya pembuahan atau kehamilan adalah kualitas sperma. Jadi ketika seorang pria masih ingin memiliki momongan, maka dia harus memperhatikan hal-hal yang bisa meningkatkan serta menurunkan kualitas sperma. Dengan begitu, maka dia bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau dihindari sebagai cara cepat hamil.

Adapun beberapa hal yang bisa menurunkan kualitas sperma adalah:

  • Masalah Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas biasanya dibarengi dengan peningkatan hormon estrogen yang kemudian penyebabkan penurunan jumlah sperma. Selain itu, masalah ini juga bisa menyebabkan infertilitas serta disfungsi seksual. Selain itu, pria yang memiliki kelebihan berat badan juga akan memiliki sperma yang lebih rendah serta penurunan fungsi testis daripada pria yang berat badannya normal.

  • Konsumsi Rokok dan Alkohol

Beberapa hasil penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan disfungsi seksual serta masalah kesuburan. Merokok dapat menyebabkan disfungsi ereksi, merusak DNA sperma serta merusak motalotas sperma. Sedangkan konsumsi alkohol dapat menurunkan produksi serta kualitas sperma.

  • Penggunaan Celana Dalam yang Ketat

Saat sedang berolahraga, maka para pria akan menggunakan celana dalam yang ketat untuk kenyamanan. Padahal hal yang terlihat sepele ini bisa membuat produksi sperma menurun karena tubuh tidak memiliki cukup ruang untuk memproduksi sperma. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan celana ini terlalu lama atau menggunakan boxer.

  • Suhu Panas

Ketika sedang lelah atau penat karena rutinitas, maka salah satu hal yang dilakukan oleh pria adalah berendam di air panas. Padahal hal ini bisa menghentikan produksi sperma, bahkan hingga beberapa bulan. Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa berendam di Jacuzzi atau bak panas selama 30 menit akan menghentikan produksi sperma untuk sementara dan hal itu akan berlangsung selama 9 bulan. 

  • Pernah Mengalami Demam Tinggi

Demam adalah penyakit yang sering menyerang seseorang, apalagi jika imunitas tubuhnya sedang menurun. Namun demam tinggi, yang juga menaikkan suhu tubuh juga bisa mengakibatkan produksi sperma menurun hingga 35 persen. Demam seperti ini biasanya memberi dampak selama 3 bulan.

1 COMMENT

  1. Sy mau bertanya, dalam kondisi demam menyebabkan suhutubuh panas dan menyebabkan sperma mnjdi kurang bagus, apa yg sebaiknya dilakukan apabila dlm kondisi sprti ini ? Apakah membuangnya melalui onani atau membiarkannya saja? Dan apa dampaknya ? Trims

LEAVE A REPLY