saat kista ovarium pecah oleh Hamil SegiEmpatMeskipun lebih sering tidak membahayakan, namun ada keadaan dimana kista ovarium menjadi sangat berbahaya. Keadaan tersebut adalah ketika kista semakin membesar dan berpotensi untuk pecah. Kista yang pecah inilah yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Hal ini harus diperhatikan karena kista seringkali menjadi penyebab seorang wanita sulit untuk hamil.

Oleh karena itu, Anda harus segera melakukan tindakan ketika mengetahui kalau kista ovarium pecah. Berikut ini adalah beberapa tindakannya:

  • Mencari Tahu Tentang Kista

Kista adalah suatu kelainan dimana kantung ovarium terisi oleh cairan. Meskipun kista ini bisa menghilang tanpa dilakukan pengobatan namun kista yang pecah akan mengancam nyawa penderitanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu dan mempelajari tentang kista ovarium dan rutin berkonsultasi dengan dokter.

  • Mengetahui Gejala Kista

Sebelum kista ovarium pecah, ada baiknya jika Anda mengetahui gejala kista. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan resiko yang terjadi. Adapun gejala kalau kista mulai membesar adalah rasa sakit pada daerah panggul, mual dan muntah, payudara terasa nyeri, perut terasa penuh, ada tekanan pada dubur dan terasa nyeri saat bercinta. Ketika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri.

  • Segera Mengambil Tindakan

Dokter akan melakukan pemeriksaan USG atau laparoskopi untuk mengetahui sejauh mana kerusakan yang diakibatkan oleh kista. Setelah itu, dokter akan memberi tahu tindakan yang harus diambil untuk menimimalkan kerusakan yang lebih besar dan parah. Jika memang dibutuhkan penanganan ekstra, sebaiknya Anda tidak berpikir lagi untuk melakukannya.

  • Jika Harus Dilakukan Pembedahan

Jika memang diperlukan, bukan tidak mungkin kalau dokter akan melakukan pembedahan meskipun Anda tidak menunjukkan gejala kista yang serius. Hal ini biasanya terjadi karena hasil USG menunjukkan kalau ada cairan dalam kista. Untuk mencegah perkembangan kista di kemudian hari, dokter mungkin akan memberikan pil kontrasepsi untuk menurunkan resiko terjadinya kanker ovarium.

Dengan menghilangnya kista dari dalam ovarium, Andapun memiliki peluang yang lebih besar untuk segera hamil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mencari tahu cara cepat hamil agar keinginan untuk segera mendapatkan buah hati bisa tercapai.

LEAVE A REPLY