pengaruh kacang kedelai terhadap kesuburan oleh Hamil SegiEmpatBagi Anda yang sedang mendambakan momongan, sebaiknya Anda mulai berhati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi. Karena sebuah hasil penelitian menemukan bahwa ternyata kacang kedelai dapat menurunkan kesuburan pria. Penelitian tersebut menemukan bahwa makanan-makanan yang mengandung kacang kedelai bisa menurunkan produksi sperma hingga 50 persen.

Penelitian yang dilakukan terhadap 99 orang pria yang mengalami masalah kesuburan ini menemukan hasil bahwa pria yang paling banyak mengkonsumsi kedelai akan mengalami penurunan jumlah sperma yang paling banyak. Hal ini karena zat isoflavon yang terdapat pada kacang kedelai yang meniru sifat estrogen. Zat ini menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan lemak sehingga jumlah lemak dalam tubuh pria akan meningkat. Hal inilah yang kemudian membuat pria tersebut menjadi tidak subur. Namun hal ini hanya terjadi pada pria yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang banyak. Sedangkan konsumsi kedelai dalam jumlah sedikit tidak akan berpengaruh apapun. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi kacang kedelai.

Adapun beberapa produk dari kacang kedelai serta kandungan zat isflavon yang sebaiknya Anda ketahui adalah di dalam 3 ons tahu terkandung 20 mg isflavon, di dalam ½ gelas tahu yang telah dimasak terkandung 47 mg isflavon, di dalam 1 ons tahu goreng terkandung 37 mg isflavon, di dalam ½ gelas yogurt tahu terkandung 21 mg isflavon, di dalam 3 ons tempe terkandung 37 mg isflavon, di dalam segelas kacang kedelai terkandung 30 mg isflavon dan di dalam ½ gelas miso terkandung 59 gram isflavon.

Selain kacang kedelai, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan sperma, salah satunya keasaman lingkungan. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi daging agar lingkungan sperma bisa tetap alkali dan sperma bisa bertahan hidup. Kemudian, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung seng atau zinc. Nutrisi ini akan meningkatkan jumlah hormon testosteron dan meningkatkan produksi sperma. Adapun beberapa makanan yang mengandung seng adalah kacang-kacangan, almond, polong-polongan, biji-bijian, tiram dan gandum. Hal lain yang membuat Anda harus mengurangi konsumsi kedelai adalah bahan makanan ini akan menurunkan penyerapan seng dalam tubuh sehingga menurunkan produksi sperma.

LEAVE A REPLY