olahraga berlebih menyebabkan infertilitas oleh Hamil SegiEmpatSalah satu cara untuk mendapatkan hidup sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membuat seluruh tubuh kita bergerak sehingga membuat tubuh lebih aktif dan sehat. Keringat yang keluar saat berolahraga juga adalah salah satu cara untuk membuang racun dari dalam tubuh. Namun segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi tubuh, termasuk berolahraga. Berolahraga secara berlebihan dapat menyebabkan dampak buruk, salah satunya adalah dapat menyebabkan infertilitas, terutama bagi seorang wanita.

Jika selama ini gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, memiliki berat badan menjadi hal yang “disalahkan” dalam masalah ketidaksuburan wanita, ternyata melakukan gaya hidup sehat (dalam hal ini berolahraga) namun dilakukan secara berlebihan, dapat menyebabkan infertilitas bagi seorang wanita. Para wanita yang melakukan olahraga secara berlebihan biasanya sedang mengejar target atau ingin menurunkan berat badan. Mereka menyangka hal ini akan membuatnya lebih sehat. Padahal berolahraga secara berlebihan justru dapat menimbulkan dampak buruk, yaitu membuat Anda menjadi tidak subur.

Para peneliti di Norges Teknisk-Naturvitenskapelige Universitet (NTNU), Norwegia, melakukan sebuah penelitian terhadap 3.000 orang wanita. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa seorang wanita yang terlalu keras berolahraga atau melakukan olahraga secara berlebihan berpotensi mengalami masalah kesehatan, salah satu masalah yang bisa terjadi adalah masalah kesuburan.

Penelitian tersebut menemukan hasil bahwa seorang wanita yang berolahraga setiap hari, termasuk para atlet dan para wanita yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya, memiliki resiko 3,5 kali lebih besar untuk memiliki masalah dengan kesuburannya daripada para wanita yang “hanya” berolahraga tiga kali dalam seminggu. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi Anda yang masih mengharapkan kehadiran buah hati.

Meski demikian, sebaiknya Anda tetap berolahraga. Namun pastikan kalau olahraga yang Anda lakukan tidak terlalu keras. Pastikan Anda berolahraga secara teratur namun dengan tidak terlalu keras. Karena olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan masalah bagi Anda. Ingatlah bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan lebih banyak efek positif yang bisa didapatkan dari berolahraga. Yang pasti adalah Anda mengatur pola dan jadwal dari olahraga tersebut.

LEAVE A REPLY