menunda kehamilan sulit hamil oleh Hamil SegiEmpatSeringkali menunda kehamilan adalah pilihan para pasangan muda yang masih mengejar pendidikan, karir atau belum memiliki kesiapan secara mental. Untuk itu, mereka memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi. Sayangnya hal ini meningkatkan resiko sulit hamil. Ketika akhirnya mereka sudah siap untuk menimang buah hati, merekapun tidak kunjung mendapatkan kabar menggembirakan.

Beberapa jenis kontrasepsi yang dapat dijadikan sebagai penunda kehamilan adalah pil kontrasepsi. Pil ini harus dikonsumsi setiap hari. Pil KB mengandung progestin dropspirenone, yang memiliki kandungan yang sama dengan progesteron alami sehingga dapat menuda kehamilan. Kontrasepsi jenis ini sangat baik digunakan bagi Anda yang ingin segera mendapatkan momongan ketika telah siap karena masa subur Anda akan kembali dengan cepat ketika Anda berhenti mengkonsumsinya. Selain itu, pil kontrasepsi juga akan menurunkan resiko terjadinya anemia, hamil di luar kandungan dan juga kanker ovarium serta membuat haid lebih teratur.

Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan suntikan. Metode ini memberikan efek jangka panjag. KB suntik akan membuat lendir rahim menjadi lebih kental sehingga sperma tidak bisa masuk ke dalam rahim. Meskipun metode ini efektif, namun Anda sulit untuk segera hamil ketika menghentikannya. Selain itu Anda juga akan mengalami kenaikan berat badan dan mengalami masalah dengan haid, yaitu haid tidak teratur atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan haid.

Adapun resiko yang terjadi dengan penggunaan IUD adalah keputihan dan infeksi. Resiko ini akan semakin besar jika orang tersebut jarang memeriksakan kesehatannya. Tidak hanya itu, pengguna kontrasepsi ini juga memiliki resiko terjadinya infeksi mulut rahim dan infeksi sel telur sehingga terjadi penyumbatan pada saluran telur yang kemudian menyebabkan masalah kesuburan.

Tidak ada salahnya jika Anda menunda kehamilan, tapi sebaiknya Anda berpikir matang-matang untuk anak pertama. Karena seiring dengan pertambahan usia, peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan akan semakin kecil. Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu lama menunda kehamilan agar Anda bisa segera hamil ketika sudah siap. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah jalanilah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menghindari paparan radiasi dan polutan serta mengurangi kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras.

LEAVE A REPLY