manfaat vitamin D untuk kesuburan oleh Hamil SegiEmpatBagi Anda yang mendambakan kehadiran momongan, pasti Anda akan berusaha untuk mencari tahu cara cepat hamil. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka Anda akan melakukan gaya hidup sehat serta menghindari hal-hal yang bisa menurunkan kesuburan.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam program hamil ini adalah asupan vitamin dalam tubuh. Tercukupinya kebutuhan vitamin dalam tubuh tidak hanya akan menjaga kesehatan tubuh tapi juga dapat meningkatkan kesuburan. Vitamin yang paling berperan untuk kesuburan adalah vitamin D.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Medical University of Graz, Austria. Hasil penelitian ini menemukan bahwa vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari dapat meningkatkan jumlah sperma pria serta menyeimbangkan hormon seks pria dan wanita.

Dr Elisabeth Lerchbaum yang merupakan pimpinan dari penelitian ini mengatakan bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan begitu banyak uang untuk membeli suplemen vitamin D untuk bisa subur. Anda hanya perlu berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa saat. Ingatlah bahwa sinar matahari adalah sumber vitamin D alami.

Manfaat sinar matahari ini akan lebih dirasakan oleh wanita. Para wanita yang jarang terkena sinar matahari biasanya lebih jarang berovulasi serta memiliki peluang yang lebih kecil bagi sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada rahim. Selain dari sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari telur, minyak ikan dan hati. Tapi semua bahan makanan ini hanya bisa menyediakan sekitar 20 persen vitamin D, sedangkan sisanya bisa Anda dapatkan dari sinar matahari.

Zita West, yang merupakan seorang pakar kesuburan sekaligus pemilik Zita West Clinic yang bertempat di London juga telah penelitian terhadap hubungan vitamin D dan kesuburan. Penelitian yang melibatkan 800 orang pasien tersebut mengatakan bahwa sebanyak 70 persen orang yang mengalami masalah kesuburan juga mengalami kekurangan vitamin D. Hal ini karena kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan PCOS, obesitas dan masalah imunitas tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan, sebaiknya Anda lebih sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, terlebih lagi sinar matahari pagi. Tidak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu melakukannya selama 10 menit dalam sehari.

LEAVE A REPLY