makanan kaleng melemahkan sperma oleh Hamil SegiEmpatBagi Anda yang sedang dalam program untuk memiliki keturunan, sebaiknya Anda mulai untuk mengurangi konsumsi makanan instan dan makanan kaleng. Karena sebuah hasil penelitian menemukan bahwa makanan kaleng dapat melemahkan sperma. Jika sperma melemah, maka pergerakannya akan berkurang sehingga tidak bisa membuahi sel telur.

Makanan kaleng atau makanan instan adalah salah satu pilihan orang-orang yang memiliki segudang aktivitas untuk mengatasi rasa laparnya. Sifatnya yang praktis, mudah diolah dan cepat disajikan membuat makanan jenis ini disukai oleh banyak orang.

Namun ternyata, botol plastik dan kaleng yang digunakan untuk membungkus makanan instan itu mengandung Bisfenol A (BPA). Dimana BPA ini dapat menurunkan kesuburan. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat ini melakukan penelitian terhadap pengaruh paparan BPA terhadap kualitas sperma. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan tanda-tanda terjadinya kerusakan DNA di dalam sperma.

Penelitian ini menemukan hasil bahwa seorang pria yang tingkat BPA-nya rendah memiliki konsentrasi sperma 23 persen lebih banyak daripada pria yang tingkat BPA-nya tinggi. “Studi yang sama menunjukkan, DNA sperma dengan level BPA tinggi mengalami kerusakan sebesar 10 persen,” kata Profesor John Meeker, ketua penelitian tersebut.

Bahan kimia sintetis yang digunakan sebagai pengeras plastik ini adalah zat yang paling banyak diproduksi dan digunakan. BPA sering digunakan untuk melapisi kaleng minuman atau makanan, peralatan makan berbahan plastik, botol bayi dan kepingan CD. Dari sini bisa disimpulkan bahwa sebagian besar manusia terkena paparan BPA di dalam tubuhnya.

Dan ternyata BPA ini tidak hanya dapat menurunkan kesuburan. Beberapa hasil penelitian juga menemukan bahwa BPA juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, kerusakan hati dan kanker payudara. Meski demikian, ada juga hasil penelitian yang mengatakan bahwa sebenarnya BPA tidak membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang dampak BPA terhadap kesuburan pria.

Meski begitu, ada baiknya jika Anda menghindari makanan instan atau makanan kaleng. Karena meskipun hasil penelitian ini belum pasti, namun makanan instan atau makanan kaleng mengandung bahan pengawet dan berbagai bahan makanan lain yang bisa merusak kesehatan. Dampaknya pun tidak akan dirasakan dalam jangka pendek, tapi dalam jangka panjang.

LEAVE A REPLY