kolesterol tinggi penyebab infertilitas oleh Hamil SegiEmpatSalah satu hal akan begitu didambakan oleh pasangan yang telah menikah adalah memiliki buah hati. Kehadiran seorang anak di dalam sebuah rumah pasti akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih berwarna dan bahagia. Sebagian pasangan segera dikarunia momongan setelah menikah. Namun sebagian pasangan telah menunggu selama bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan keturunan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan terjadinya pembuahan, salah satunya adalah kolesterol.

Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Endocrinology and Metabolism, ditemukan bahwa pasangan suami istri memiliki kadar kolesterol tinggi akan lebih sulit untuk memiliki anak daripada mereka yang kadar kolesterolnya berada pada angka normal. Penelitian yang dilakukan terhadap 500 pesangan suami istri ini menemukan kesuburan seseorang memiliki kaitan dengan gaya hidup, paparan bahan kimia serta gaya hidup yang mereka jalani.

Pada penelitian ini, para peneliti melakukan tes darah kepada para responden untuk mengetahui kadar kolesterol yang terdapat di dalam darahnya. Tes darah ini dilakukan sebanyak beberapa kali dalam satu tahun. Para peneliti menemukan bahwa jika salah satu pihak atau kedua pihak memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darahnya, maka mereka akan lebih sulit untuk hamil.

Enrique Schisterman, Ph.D., yang merupakan salah seorang peneliti dari bidang epidemiologi mengatakan bahwa “kita telah lama mengetahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam darah akan meningkatkan masalah jantung.” Dia kemudian melanjutkan, “dari data kami, kolesterol yang tinggi tidak hanya berisiko pada masalah kardiovaskular, tetapi juga memperkecil kemungkinkan pasangan untuk memiliki anak.”

Berbagai kemudahan yang diberikan oleh teknologi serta dengan semakin banyaknya makanan cepat saji adalah hal-hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun jika Anda memang ingin segera mendapatkan anak, sebaiknya Anda menyikapi hal tersebut dengan baik. Jika Anda memang ingin segera hamil dan memiliki momongan, sebaiknya Anda menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur. Hal ini akan membantu untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter kandungan untuk mendapatkan metode terbaik.

LEAVE A REPLY