Di hari-hari libur mall selalu penuh dengan sesak, dan salah satu bagian yang paling ramai adalah bioskop. Tidak heran karena hari libur memang hari yang pas untuk menikmati waktu bersantai dan menikmati film-film kesukaan. Anda pastinya sering menghabiskan waktu di bioskop bukan? Dengan keluarga, para sahabat atau gebetan.

Suara Emas Maria Oentoe oleh SegiEmpatSaat berada di bioskop pasti Anda sering mendengar suara seorang wanita yang mempersilahkan Anda masuk ke teater bukan? Seperti “pintu teater 2 telah dibuka, para penonton yang telah memiliki karcis dipersilahkan memasuki ruangan teater”. Ternyata sosok dibalik suara berat nan merdu tersebut bukanlah seorang petugas yang sedang bekerja dibalik layar tapi dia adalah salah satu voice actress legendaris bernama Maria Oentoe.

Mungkin Anda akan terkejut dengan sosoknya yang kini sudah berusia 68 tahun dengan suaranya yang bahkan tidak pernah berubah.  Suara emas Maria Oentoe sudah berkibar di tanah air sejak tahun 1986 yang mana beberapa orang mungkin belum lahir kala itu. Dimulai dengan bergabung di Sanggar Prathivi Maria mulai menjadi voice cover untuk iklan-iklan radio, profil perusahaan sampai kisah sandiwara yang kala itu hanya ditayangkan lewat radio.

Suara Emas Maria Oentoe oleh SegiEmpatSelama bergabung di Sanggar Prathivi Maria mendapat berbagai pelatikan teknik-teknis suara dan bakatnya pun makin terasah saat ia menjadi seorang penyiar radio. Maria juga sempat jadi pembawa acara religius di satu-satunya stasiun TV kala itu TVRI dan pada tahun 1977 Maria menjadi pengisi suara di film ‘Badai Pasti Berlalu’. Di masa itu keterbatasan alat memang membuat para produser film harus menggunakan pengisi suara dan sejak itulah suara emasnya mulai melegenda di tanah air.

Tepat sejak jaringan bioskop Cinema 21 mulai dirintis yang mungkin sekarang ini sudah mulai tersingkirkan Maria diminta mengisi suara dan itulah yang Anda dengarkan sampai sekarang ini saat berada di bioskop. Sayangnya selama puluhan tahun Maria mengisi suara ia sama sekali tidak mendapatkan royalty. Tapi bagi Maria hal tersebut sepertinya tidak jadi masalah karena menurutnya ia memang lebih suka tampil di balik layar sebagai pengisi suara.

LEAVE A REPLY