Secara harfiah pria dan wanita memang menjadi dua makhluk yang berbeda, namun pada hakekatnya pria dan wanita ditakdirkan hidup bersama. Hanya saja sudah bukan rahasia lagi kalau dari perbedaan tersebut, pria dan wanita kadang jadi tidak nyambung sama sekali. Sehingga hal ini sering menjadi “duri dalam daging” pada sebuah hubungan.

Anda yang sekarang ini masih PDKT atau sudah punya pacar, tentu dapat membuat hubungan Anda terancam. Anda yang masih PDKT bisa gagal mendapatkan hatinya, sementara Anda yang sudah berpacaran perbedaan yang membuat Anda tidak nyambung bisa membuat hubungan Anda sarat akan pertengkaran.

Banyak orang yang mengatakan kalau penyebab pria dan wanita tidak nyambung itu karena pria dan wanita hidup dengan pola dasar yang berbeda. Seperti anggapan kalau pria berpikir dengan logika sementara wanita dengan perasaannya. Tapi benarkah karena cara berpikir wanita dan pria yang berbeda membuatnya jadi tidak nyambung?

Pengaruh Evolusi Manusia

Penyebab Pria dan Wanita Tidak Nyambung oleh SegiEmpatBoris Schiffer yang merupakan salah satu peneliti asal University Hospital yang berada di Bochum, Jerman akhirnya tertarik untuk mencari tahu penyebabnya secara sains. Dari hasil penelitiannya Boris menyimpulkan kalau pengaruh evolusi manusia adalah salah satu penyebab para wanita kadang tidak nyambung dengan pria. Begitu pun sebaliknya.

Hal tersebut ia simpulkan setelah mengundang 22 pria dari usia 21 tahun sampai 52 tahun. Para partisipan diminta untuk menggambarkan bagaimana perasaan saat melihat gambar mata dari beberapa orang. Menariknya, dari scan MRI pada otak masing-masing partisipan terlihat berbeda saat melihat mata pria dan wanita.

Saat melihat gambar mata pria, aktivitas otak mereka secara alami sangat jauh berbeda dibanding mata wanita. Boris mengatakan kalau aktivitas amingdala yang merupakan bagian otak yang terkait dengan ketakutan, empati dan emosi bekerja lebih kuat. Sementara saat melihat gambar mata wanita aktivitas amingdala tersebut hanya bekerja seperti biasa.

Dari hal tersebut Boris dan timnya mengatakan penyebab pria dan wanita kadang tidak nyambung itu karena insting pria yang masih sangat klasik. Dimana kita tahu dulu, para pria yang selalu terlibat dalam peperangan atau berburu membuat pria lebih condong membaca atau meramalkan musuhnya ketimbang hal-hal yang dianggap penting.

Kesimpulannya, pria cenderung mengkondisikan diri untuk memperhatikan hal-hal yang lebih besar atau lebih penting. sehingga membuat para pria jadi lebih sulit untuk membaca isyarat emosional yang “dilemparkan” para wanita. Seperti yang umum kita kenal dengan istilah “kode wanita”.

Hanya saja hal ini tentu tidak harus membuat Anda para pria tidak berusaha mengubah itu. Meski masih klasik tapi tentu Anda bisa mengkondisikan diri agar lebih mampu membaca kode para wanita. Dengan begitu hubungan Anda pun jadi lebih langgeng dan Anda yang masih PDKT mungkin bisa mendapatkan hatinya.

LEAVE A REPLY