Semua orang pasti sudah tahu kalau putus cinta itu bukan akhir dari kehidupan. Karena itu selalu ada kalimat “kalau putus itu tandanya dia bukan jodohmu” pasti kamu pernah dengar kalimat seperti itu bukan?

Ngomong-ngomong masalah putus nih, cowok dan cewek biasanya emang bakal menanggapinya dengan cara berbeda. Cewek biasanya bakal mewek sejadi-jadinya, sementara cowok bakal lebih kuat meski dalam hati doi juga ngerasain sakit. Juju raja deh sob, waktu kamu putus kemarin kamu juga sakit hati kan? Apalagi kalau yang diputusin itu kamu sementara seminggu kemudian si mantan justru ngirim undangan pernikahannya.

Tapi perbedaan antara cowok dan cewek gak Cuma terjadi saat putus cinta aja, karena momen-momen move on dan waktu cari pasangan baru cowok dan cewek juga bakal ngelakukin banyak perbedaan. Kamu pasti penasaran kan? Nah, berikut bedanya cowok dan cewek kalau lagi cari pasangan baru, ya kali aja kamu yang masih jomblo bisa kecantol ama mereka.

bedanya-cowok-dan-cewek-kalau-lagi-cari-pasangan-baru-oleh-segiempatCowok Cenderung Mencari Pasangan yang Berbeda dari Mantannya

Antara logika dan perasaan, cowok lebih cenderung menggunakan logikanya. Kalau dibandingkan ya sekitar 70-30 lah, Cuma ada juga sih yang kebalikannya.

Karena itulah cowok cenderung disebut lebih gampang move on ketimbang cewek. Bagi cowok setelah putus, semua kenangan tentang mantan itu tempatnya di sudut terdalam di hatinya, yang tidak perlu selalu diingat apalagi sampai dirindukan. Istilahnya sih “yang sudah berlalu ya biarin aja”. Jadi waktu cowok lagi nyari pacar baru, cowok cenderung mencari sosok cewek yang berbeda dari mantannya. Ada tiga alasan kenapa cowok kalau cari pacar mereka lebih memilih cewek yang berbeda.

Alasan yang pertama karena cowok tidak mau mengalami kegagalan yang sama dari hubungan sebelumnya. Karena tentu saja, ibarat seperti membaca buku mau berapa kali pun dibaca akhir cerita tidak akan berubah.

Alasan yang kedua karena sudah jadi kodrat cowok kalau kita lebih suka dengan hal-hal baru, karena hal yang baru itu selalu menghadirkan tantangan. Tapi alasan yang kedua ini kalau dibandingkan dengan jaman sekarang sudah banyak pudar. Entah karena kehilangan jati diri atau emang udah berubah jadi banci.

Sedangkan alasan yang ketiga karena mencari sosok cewek yang lebih dari mantannya adalah sebuah kebanggan. Gak Cuma bisa dipamer ke teman-teman tapi juga karena itu menandakan kalau dia berhasil move on.

Sedangkan Cewek Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Mantannya

Mungkin sih cewek bakal menyangkal akan hal ini. Memang apa yang kamu rasakan di dalam hati itu kadang sangat sulit untuk diungkapkan. Saking sulitnya nih sosok mantan selalu sulit untuk kamu lupakan.

Pasca putus diakui atau tidak, cewek bakal memilih untuk mencari pacar baru yang mirip dengan mantannya. Alasan umumnya sih karena emang belum bisa move on, tapi sebenarnya dibalik itu ada empat alasan mendasar kenapa cewek kalau lagi cari pasangan baru itu cenderung mencari cowok yang mirip dengan mantannya.

Alasan yang pertama karena cewek cenderung tidak peduli dengan semua hal pahit yang ia alami di hubungan sebelumnya. Itu karena cewek lebih mengandalkan perasaannya, bahkan kadang sampai berlebihan. Jadinya meski risiko kembali gagal karena tipe cowok yang sama dengan mantannya cewek tidak peduli dengan itu, yang ada dipikirannya kesalahan adalah hal yang bisa dimaklumi dan bisa diperbaiki. Padahal cewek pun tahu kalau tidak semua hal bisa diperbaiki.

Alasan yang kedua karena cewek terlalu berpikir positif. Ini sebenarnya kelebihan tapi sekaligus kekurangan, kenapa? karena berpikir positif memang sangat baik, tapi kalau kelewat positif kita justru cenderung tidak bisa memperbaiki diri dan kehidupan kita. Begitu juga kalau cewek mencari pasangan baru, cewek selalu berpikir kalau semua orang bisa berubah menjadi yang terbaik. Memang semua orang bisa berubah tapi tidak semua orang benar-benar menginginkan perubahan.

Alasan yang ketiga karena mayoritas cewek tidak suka dengan hal-hal baru. Boleh saja waktu ditanya “kamu udah move on belum?” cewek bakal jawab “iya udah dong, lagian sepenting apa sih dia buat selalu dikenang?”. Cuma kalau dikasih pilihan apakah dia mau untuk mencari hal baru dan memulainya semua dari nol, mayoritas cewek bakal menolak. Kenapa? karena cewek khawatir kalau hal baru tersebut tidak akan memberikan kenyamanan dan perhatian seperti yang pernah ia dapatkan dari hubungannya di masa lalu. Jadinya cewek selalu terjebak dengan cowok yang sama, padahal sesekali mencoba hal baru itu juga menyenangkan. Misalnya kalau setiap hari ke mall pake dress lengkap kayak mau ke kondangan, sesekali coba deh ke mall itu Cuma pake baju standar dan make up seadanya. Karena penampilan alami kamu jauh lebih menarik perhatian cowok.

Alasan yang keempat karena cewek waktu cari pacar baru kadang masih bingung dengan apa yang dia cari dan apa yang dia butuhkan. Jadinya cewek kadang bingung untuk menentukan pilihannya. Dan karena dipengaruhi tiga alasan lain seperti yang sudah saya jelaskan di atas, cewek jadinya lebih memilih mencari pasangan yang mirip dengan mantannya.

Well emang sih ngomongin tentang gaya hidup cewek dan cowok itu gak pernah ada habisnya, selalu ada perbedaan yang kadang bikin kita gemes sendiri. Tapi sadar atau tidak, dari perbedaan itulah cowok dan cewek ditakdirkan hidup bersama. Karena perbedaan tidak selalu memicu konflik tapi perbedaan juga bisa mempersatukan kita.

LEAVE A REPLY