Pernikahan ala Bali

Sejak dahulu kala, Pulau Bali terkenal ke seluruh dunia. Keindahan alam yang tiada tandingannya, kekayaan adat-istiadat dan tempat peninggalan sejarah zaman dahulu seperti pura, gua dan desa – desa yang masih terpencil serta sangat unik telah menarik minat para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Pulau Bali juga menjadi tempat yang populer untuk pelaksanaan pesta resepsi dan upacara pernikahan.

Bila Anda berniat untuk menggelar upacara pernikahan Anda di pulau Bali, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis upacara pernikahan yang dapat digelar di Bali:

* Upacara Pernikahan Sah – Kristen Protestan

Di Bali, sebuah upacara pernikahan yang sah umumnya terdiri dari dua bagian terpisah. Bagian pertama dilakukan oleh Pendeta Protestan atau perwakilan dari Departemen Agama RI sementara bagian kedua, menyusul segera setelah bagian yang pertama, dilakukan oleh perwakilan Kantor Catatan Sipil Indonesia. Bagian kedua dari upacaralah membuat pernikahan Anda sah dan perwakilan Kantor Catatan Sipil Indonesia tidak akan mendaftarkan dan melegalkan pernikahan Anda kecuali upacara keagamaan telah terjadi.

*Upacara Pernikahan Sah – Katolik

Di Bali, sebuah upacara pernikahan yang sah umumnya terdiri dari dua bagian terpisah. Bagian pertama dilakukan oleh Pendeta Katolik atau perwakilan dari Departemen Agama RI sementara bagian kedua, menyusul segera setelah bagian yang pertama, dilakukan oleh perwakilan Kantor Catatan Sipil Indonesia. Bagian kedua dari upacaralah membuat pernikahan Anda sah dan perwakilan Kantor Catatan Sipil Indonesia tidak akan mendaftarkan dan melegalkan pernikahan Anda kecuali upacara keagamaan telah terjadi.

Namun penting untuk diketahui bahwa Upacara Katolik hanya dapat terjadi dalam Gereja Katolik dan biaya tambahan akan dikenakan untuk menambahkan dekorasi sederhana di dalam Gereja. Beberapa Gereja Katolik di Tuban memberikan opsi untuk menggunakan AC tambahan dengan tambahan sejumlah biaya.

* Upacara pernikahan secara Agama – Kristen Protestan

Bagi pasangan yang ingin merayakan pernikahan tanpa ada implikasi hukum atau bagi mereka yang ingin merayakan pembaharuan janji setelah beberapa tahun menikah, upacara pernikahan secara agama adalah pilihan yang ideal.

Upacara sederhana tapi indah dilakukan oleh Menteri Gereja Protestan. Anda dapat menggunakan teks-teks upacara yang ada, menulis sendiri teks upacara atau melakukan kombinasi keduanya untuk membuat upacara ini unik.

* Upacara pernikahan secara Agama – Katolik

Bagi pasangan yang ingin merayakan pernikahan tanpa ada implikasi hukum atau bagi mereka yang ingin merayakan pembaharuan janji setelah beberapa tahun menikah, upacara pernikahan secara agama adalah pilihan yang ideal.

Upacara sederhana tapi indah dilakukan oleh Pendeta Katolik, Anda dapat menulis sendiri sumpah Anda dan pernyataan sebelum memasang cincin di jari pasangan Anda, Anda juga dapat mengubah bagian tertentu dari teks standar Gereja dan mengundang teman-teman atau anggota keluarga untuk melakukan menyumbangkan pernyataan, lagu dll yang mungkin ingin Anda masukkan sebagai bagian dari upacara pernikahan Anda.

Upacara ini harus dilangsungkan di dalam Gereja Katolik dan biaya tambahan dapat dikenakan untuk penggunaan AC dan penambahan dekorasi di gereja-gereja yang menawarkannya.

* Upacara Komitmen – Paket Lengkap

Bagi pasangan yang ingin merayakan cinta dan komitmen mereka satu sama lain tanpa ada implikasi hukum atau bagi mereka yang ingin merayakan pembaharuan janji pernikahan setelah beberapa tahun menikah, Upacara Komitmen akan sesuai dengan sempurna.

Upacara sederhana tapi indah dapat dilakukan baik ala Barat atau ala Bali dan Anda bebas menggunakan teks upacara yang ada, menulis sendiri atau melakukan kombinasi keduanya untuk membuat upacara ini benar-benar unik.

Berbagai tawaran pelengkap paket disediakan untuk paket ini.

* Upacara Komitmen – Paket Sederhana

Bagi pasangan yang ingin merayakan cinta dan komitmen mereka satu sama lain tanpa ada implikasi hukum atau bagi mereka yang ingin merayakan pembaharuan janji pernikahan setelah beberapa tahun menikah, Upacara Komitmen akan sesuai dengan sempurna.

Upacara sederhana tapi indah dapat dilakukan baik ala Barat atau ala Bali dan Anda bebas menggunakan teks upacara yang ada, menulis sendiri atau melakukan kombinasi keduanya untuk membuat upacara ini sesuai keinginan Anda.

* Upacara Berkah ala Bali

Upacara seperti ini dilakukan oleh pemuka Agama Hindu dan sering digunakan oleh pasangan yang sudah resmi menikah yang ingin memperbaharui sumpah mereka dengan cara yang sangat spiritual dan tradisional selama mereka berada di Bali. Upacara seperti ini juga populer bagi pasangan yang ingin merayakan cinta mereka tetapi tanpa implikasi hukum.

Berbagai tawaran pelengkap paket disediakan untuk upacara berkah ala Bali ini.

* Upacara Pembaharuan Sumpah Pernikahan

Jika Anda ingin merayakan Upacara ‘Pembaharuan Sumpah’ di Bali yang indah Anda dapat memilih untuk melakukannya dengan beberapa cara.

Pilihan pertama adalah dengan Upacara secara agama saja dilakukan oleh Pendeta Gereja Protestan – dilakukan di lokasi pilihan Anda. Atau dengan upacara yang dipimpin oleh Pendeta agama Katolik (dilakukan hanya dalam Gereja Katolik) atau Upacara ala agama Budha dilakukan hanya di candi Budha yang terletak di daerah Kuta.

Pilihan kedua adalah Upacara Komitmen yang dipimpin baik oleh pemuka agama di Bali atau pemuka agama dari Barat.

Pilihan ketiga Upacara Berkah ala Bali dipimpin oleh pemuka agama Bali.

Harga untuk Upacara Pembaruan Sumpah tergantung pada jenis upacara dan paket tambahan yang Anda pilih.

* Upacara Pernikahan Sah secara Agama Islam

Sebuah Upacara pernikahan yang sah untuk kaum muslim di Bali hanya terdiri dari satu upacara dan itu dilakukan oleh perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA). Tidak ada proses pencatatan oleh perwakilan Kantor Catatan Sipil karena di Indonesia dianggap tidak perlu. Pasangan yang menikah akan diberikan ‘Buku Nikah’ buku (yang asli untuk masing-masing pengantin) sebagai bukti pernikahan mereka.

Informasi lebih lanjut tentang setiap paket pernikahan di atas dapat Anda peroleh pada saat Anda mengajukan aplikasi ke pihak terkait.

LEAVE A REPLY