smartphone menghilangkan kemampuan anak bersosialisasi oleh Asmara SegiEmpatTidak sulit untuk menemukan smartphone saat ini. Anda bisa dengan mudah orang-orang yang sibuk memegang smartphonennya, bahkan pada anak-anak yang masih kecil. Bahkan seringkali seorang anak yang belum terlalu lancar membacapun sudah bisa bermain dengan smartphone touchscreen.

Meskipun Anda tidak menghindari hal ini, sebaiknya Anda berpikir dua kali saat akan memberikan smartphone pada anak. Karena sebuah hasil penelitian yang dilakukan di California menemukan bahwa smartphone dapat mengurangi kemampuan anak untuk bersosialisasi.

Seorang akan yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dan berkutat dengan teknologi canggih biasanya tidak memiliki memiliki kemampuan untuk membaca emosi seseorang yang berada di depannya. Hal ini berarti bahwa anak tersebut memiliki kepekaan sosial yang kurang.

Penelitian yang dilakukan kepada anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar di kota California ini membagi subjek penelitiannya menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diikutsertakan dalam kegiatan dan dijauhkan dari gadget serta teknologi selama 5 hari. Sedangkan kelompok kedua tidak diikutsertakan atau tidak melakukan kegiatan serupa, yang artinya mereka akan tetap melakukan interaksi dengan gadget dan teknologi.

Setelah itu, para subjek penelitian dihadapkan pada orang-orang di sekitarnya dan diminta untuk membaca emosinya. Hasilnya adalah kelompok pertama, yang menghabiskan waktunya untuk berkemah, bersentuhan dengan alam dan tidak berinteraksi serta disibukkan dengan gadget dan teknologi memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membaca emosi dan perasaan yang dialami oleh orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa terlalu sering bermain gadget akan membuat seseorang menjadi tidak lagi memiliki kehidupan sosial sehingga mereka tidak lagi memiliki empati terhadap orang lain.

Oleh karena itu bagi Anda para orangtua, sebaiknya mulai pembatasan penggunaan gadget pada anak dan mengajak mereka untuk melakukan sosialisasi dengan orang lain. Anda juga harus mengajarkan kepada mereka kehidupan sosial yang tidak akan mereka dapatkan dari gadger seperti empati, etika, sopan santun dan berbagai kemampuan bersosialisasi lainnya. Aturlah penggunaan gadget kepada buah hati Anda agar mereka tidak terlalu kecanduan pada gadget dan membuat kemampuan bersosialisasi mereka menurun.

LEAVE A REPLY