menghadapi anak yang selalu merengek oleh Asmara SegiEmpatSalah satu kebiasaan buruk anak yang mungkin akan membuat Anda merasa kesal adalah ketika dia merengek. Kebiasaan anak yang merengek ketika dia meminta sesuatu seringkali membuat Anda malu. Namun menghadapi anak yang merengek haruslah tegas. Karena jika, maka dia akan terus mengulangi rengekannya. Anak biasanya akan mulai merengek ketika dia telah berusia 4 tahun hingga setelah masuk sekolah.

Berikut ini adalah cara menghadapi anak yang merengek:

  • Tidak Memberi Toleransi

Ketika dia merengek, katakan kepadanya kalau Anda tidak akan mendengarkan ucapannya. Tegaskan kepadanya kalau Anda tidak suka dengan nada biasanya yang seperti itu. Kalau dia masih merengek dan tidak berubah, segera balikkan tubuh Anda atau menjauh darinya. Ingatlah bahwa anak merengek karena ingin mendapatkan perhatian. Jadi jangan pernah memperlihatkan bahwa Anda sedang terganggu dengan rengekannya. Jangan memperlihatkan kalau Anda sedang kesal, cemberut, mengangkat alis, merengut atau bahkan akan melayani rengekannya. Karena ketika Anda melakukan hal tersebut, maka dia akan tahu kalau Anda sedang memperhatikannya. Tunjukkan kepadanya kalau Anda tidak akan memperhatikannya hingga dia bisa lebih sopan.

  • Berikan Contoh yang Baik

Jika dia memang belum mengetahui bagaimana cara yang baik untuk meminta, sebaiknya Anda memberikan contoh kepadanya. Cobalah perdengarkan suara rengekan Anda dan perdengarkan juga ketika Anda meminta dengan sopan dan baik-baik. Setelah itu, mintalah dia untuk mengikuti perkataan Anda yang lebih sopan. Dengan begitu, dia akan tahu kalau ternyata merengek itu tidak menyenangkan.

  • Memberinya Pujian

Jika ternyata dia sudah bisa mengungkapkan keinginannya dengan baik, maka Anda perlu memujinya. Ingatlah bahwa anak membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk bisa belajar meminta sesuatu dengan baik. Selain itu, memberinya pujian juga akan membuatnya belajar kalau ternyata Anda menyukai kalau dia bisa bersikap lebih manis.

  • Jika Masih Merengek

Jika ternyata dia masih merengek, segera berikan hukuman pada saat itu. Anda bisa langsung meninggalkan atau membiarkannya. Karena jika tidak, maka dia akan berpikir kalau masih ada waktu bagi Anda untuk mengabulkan keinginannya ketika dia merengek. Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah jangan berikan ancaman yang tidak masuk akal karena hal tersebut akan membuatnya berpikir kalau Anda tidak benar-benar marah dan tidak senang dengan perbuatannya.

LEAVE A REPLY