mengajarkan anak belanja hemat oleh Asmara SegiEmpatTidak ada salahnya jika Anda mulai mengajarkan anak untuk belanja hemat sejak dini. Dengan begitu, mereka bisa lebih menghargai uang serta mencegah agar mereka tidak nantinya tidak menjadi pribadi yang boros. Selain itu, hal ini nantinya akan membantu mereka untuk mengatur keuangannya sehingga mereka bisa menjadi pembeli yang cerdas.

Berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan anak untuk belanja hemat:

  • Siapkan Daftar Belanja

Sebelum berbelanja, sebaiknya Anda menuliskan daftar barang yang Anda perlukan. Hindari untuk melakukan belanja mendadak karena hal tersebut akan membuat pengaturan keuangan Anda menjadi berantakan. Membuat daftar belanja akan membuat anak tidak sembarangan membeli dan juga mengatur pengeluarannya.

  • Menyiapkan Dana

Setelah menyiapkan daftar belanja, maka yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk membeli belanjaan. Katakan padanya untuk berhati-hati menggunakan uangnya saat belanja karena tidak mudah untuk mendapatkan uang. Katakan juga padanya untuk mendahulukan kebutuhan pokok baru kemudian menabung untuk membeli barang yang diinginkan.

  • Gunakan Uang Tunai

Ketika Anda mengajari buah hati Anda, sebaiknya Anda menggunakan uang tunai. Pada awal pembelajarannya, jangan pernah belanja dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit karena mereka belum memahami penggunaan pengganti uang tunai tersebut. Tapi Anda juga perlu mengajarkan kepadanya pengetahuan tentang kartu debit, kartu kredit dan uang tunai. Dengan begitu, mereka bisa menghidari untuk berhutang di masa depan.

  • Belajar Membandingkan Harga

Ajarkan juga pada anak untuk membuat perbandingan harga barang yang akan dibelinya. Beberapa toko akan memiliki daftar harga pada setiap harganya. Dengan begitu, anak bisa membuat perbandingan harga antara merk yang satu dengan merek yang lainnya. Anda juga bisa mulai mengajarinya untuk belanja online agar dia bisa belajar membandingkan harga dari toko yang satu dengan toko lainnya.

  • Membandingkan Kualitas

Setelah anak belajar membandingkan harga, ajarkan juga kepadanya untuk membandingkan kualitas barang. Anda perlu mengajarkan tentang ketahanan dan kualitas dari produk tersebut. Katakan pada mereka untuk memilih merek-merek yang kualitasnya sudah terbukti. Ada barang-barang yang murah namun cepat rusak tapi ada juga yang tahan lama. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan barang yang dengan kualitas bagus namun terjangkau.

LEAVE A REPLY