anak yang terlanjur manja oleh Asmara SegiEmpatPada dasarnya anak-anak sudah harus dilatih untuk mulai mandiri dan melakukan beberapa hal tanpa harus bergantung pada orangtuanya. Namun banyak orangtua yang masih terlalu takut untuk membiarkan buah hatinya melakukan semuanya sendiri. Padahal bila dibiarkan, anak akan terlanjur manja dan sangat bergantung pada Anda ataupun pengasuhnya. Kalau sudah begini, maka tentu Anda akan sulit untuk membuatnya mandiri dan mampu melakukannya segala sesuatunya sendiri.

Tapi Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena sebenarnya Anda masih bisa merubahnya. Anda masih bisa mendidik buah hati Anda selama dia belum menjadi dewasa.

Berikut ini adalah cara mengatasi anak yang terlanjur manja:

  • Menjaga Komunikasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga dan memperbaiki komunikasi dengan anak. Ketika memintanya untuk melakukan sesuatu, pastikan kalau Anda memberikan penjelasan yang pendek tapi bisa ditangkap dengan mudah. Misalnya Anda mau menyuruhnya mandi, Anda cukup mengatakan “nak, buka bajunya, simpan di keranjang cucian lalu mandi”.

  • Kompak dengan Orang Sekitar

Beritahukan kepada orang-orang di sekitarnya agar kompak, baik itu kakek nenek, kakak atau pengasuhnya. Beritahu kepada mereka untuk memberikan contoh kepada anak kalau tidak ada perbedaan perlakuan antara dia dan anggota keluarga yang lain. Jadi jangan biarkan anak terus-menerus meminta bantuan pada hal yang bisa dia atasi sendiri.

  • Tetap Sabar

Ingatlah bahwa segala hal butuh proses. Ketika dia sudah terbiasa manja, tentu akan sulit untuk merubahnya menjadi lebih mandiri. Jadi Anda tidak boleh langsung memarahi ketika dia belum bisa mandiri.

  • Konsisten

Ingatlah bahwa anak biasanya cepat bosan, terlebih lagi kalau mereka merasa tidak mampu dan terus menerus dipaksa untuk mandiri. Namun Anda harus selalu memberikan dorongan dan motivasi kepadanya.

  • Menghargai

Ketika anak telah berhasil melakukan sesuatu seperti yang telah Anda harapkan, maka Anda harus memberinya penghargaan. Bisa jadi dalam bentuk kata atau bahkan memberinya hadiah. Dengan begini, dia akan merasa bangga dan semakin termotivasi untuk melakukan hal-hal yang Anda minta. Bahkan bisa jadi suatu saat dia yang berinisitasif untuk melakukan sesuatu tanpa Anda minta.

LEAVE A REPLY