agar anak akur oleh Asmara SegiEmpatMemiliki lebih dari satu anak pasti akan menjadi kebahagiaan sekaligus tantangan tersendiri bagi para orangtua. Tidak hanya masalah biaya, namun hubungan yang terjadi antara anak-anak Anda. Meskipun sebagian anak akan akur dengan saudaranya tapi ada juga anak yang sering bertengkar dengan saudara. Jika sudah begini, maka orangtua pasti berusaha agar anak akur.

Yang menjadi masalah adalah, sebagian orangtua zaman sekarang kurang memperhatikan hubungan persaudaraan. Mereka lebih terfokus pada sistem pengasuhan dan pendidikan serta cara membangun hubungan antara orangtua dan anak. Padahal anak juga perlu diajarkan cara menghormati dan menghargai saudaranya sehingga mereka bisa akur dan saling menyayangi.

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak akur satu sama lain:

  • Menjadi Contoh

Ingatlah bahwa orangtua akan selalu menjadi contoh bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjadi contoh bagi mereka. Anda perlu menunjukkan kepada buah hati Anda tentang kasih sayang, kedekatan dengan orang-orang di sekitar serta afeksi. Selain itu, Anda juga bisa memberikan contoh tentang cara mengungkapkan kasih sayang seperti kata-kata, pelukan atau ciuman.

  • Melakukan Kegiatan yang Berkesan

Sebaiknya Anda lebih sering mengajak mereka untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan berkesan. Usahakan agar kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, mereka memiliki kenangan indah bersama keluarganya saat mereka dewasa.

  • Ajarkan Sikap Sopan

Usahakan untuk mendidik anak untuk bersikap sopan kepada saudaranya, baik kepada yang lebih tua ataupun lebih muda. Anda harus mengajarkan kepada mereka cara untuk saling menghormati, menghargai dan sopan satu sama lain. Ajarkan kepada mereka untuk selalu mengucapkan kata “tolong”, “terima kasih” dan “maaf”. Selain itu, Anda juga harus mendorong mereka untuk memuji saudaranya.

  • Bertanggung Jawab kepada Saudaranya

Ajarkanlah kepada anak untuk memiliki rasa tanggung jawab kepada saudaranya, terlebih pada anak yang lebih tua. Tanamkan kepada mereka untuk ikut mengasuh dan menjaga adiknya. Ajarkan pula kepada adiknya untuk menghargai kakaknya. Selain itu, tanamkan juga mereka untuk saling peduli dan membantu.

  • Pertengkaran Pasti Akan Berakhir

Satu hal yang Anda perlu ingat adalah pertengkaran yang terjadi antar saudara pasti akan berakhir. Semua interaksi yang terjadi diantara mereka adalah bagian dari perkembangannya. Bisa jadi hal tersebut justru akan membuat mereka menjadi semakin akrab. Anda hanya perlu mengawasi mereka dengan sabar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY