Sudah tidak heran di Indonesia film-film sekuel dengan jumlah episode yang sampai ratusan selalu jadi tontonan paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya karena bintang-bintangnya tapi karena alur ceritanya yang cukup kompleks. Bahkan kadang bisa membawa para penontonnya merasakan emosi dari alur cerita.

Tapi itu saja tentu tidak cukup tanpa adanya para penonton, dan sadar atau tidak para penonton film sinetron di tanah air pun punya keunikan tersendiri. Tidak percaya? Coba Anda luangkan sedikit waktu di rumah untuk menemani keluarga Anda nonton film sinetron favoritnya. Tidak harus Anda suka, tapi kalau suka juga tidak masalah. Karena mungkin Anda pun termasuk satu dari 8 tipe unik penonton di Indonesia berikut ini.

Penasaran kan seperti apa?

Tipe Pengikut Tren

Sadar atau tidak ada penonton yang sebenarnya suka nonton film bukan karena alur ceritanya tapi karena memang lagi ramai dibicarakan atau bahkan sedang heboh di sosmed. Tipe penonton seperti ini biasanya didominasi oleh remaja-remaja muda yang disebut kekinian. Karena tidak mau ketinggalan hal yang lagi tren dia jadi terpaksa nonton yang penting kalau ditanya tentang film dia jadi tahu atau yang penting bisa dilihat kekinian.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatTidak heran sih karena mayoritas masyarakat kita pun seperti ini, tidak percaya? Ambil contoh para pengguna smatrphone, mayoritas pengguna hanya tahu merk yang penting banyak dipakai sama temannya dan bisa dipamer pasti dibeli. Mirisnya meski itu hberarti harus memotong uang makan atau bahkan uang transportasi.

Tipe Pemarah

Nah, tipe penonton yang satu ini biasanya adalah orang-orang yang jago dengan urusan detail. Karena setiap film  yang ditontonnya pasti ada saja kesalahan yang dia dapatkan dan hal itu pula yang bikin dia jadi marah.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatEmosian bahkan suka mencela seperti itulah tipe penonton yang satu ini. Uniknya meskipun dia marah-marah sampai bakar televisi hanya karena ada satu adegan yang dia rasa tidak pantas ditonton, hal tersebut pun tidak lantas membuat pihak produksi film menarik filmnya.

Tipe yang Heboh Sendiri

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatKalau Anda sering menyempatkan waktu untuk nonton sinetron dengan keluarga atau bahkan teman-teman Anda, tipe yang satu ini mungkin sudah akrab di mata Anda. Ya, tipe si heboh sendiri ini biasanya suka ngomel tidak jelas, teriak-teriak atau bahkan marah. Ya namanya juga heboh sendiri, jadi apapun yang dia lihat pasti langsung dia respon meski itu mungkin sedikit aneh karena kita tahu kalau itu Cuma film.

Tipe Baperan

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatAda kalanya film yang digarap oleh produser diangkat dari kisah fiktif atau juga kisah nyata. Seperti beberapa film sinetron yang identik dengan kehidupan kita sehari-hari, tapi yang paling laris manis itu adalah tipe film antara si jahat dengan si baik atau si kaya dan si miskin.

Nah, tipe penonton yang ini pasti akan selalu tersentuh dengan setiap adegannya, entah itu si baik dijahati atau si miskin yang dijahati. Tapi dia bisa juga ikut menangis kalau adegannya lagi sedih, seperti fenomenalnya film “Kuch-Kuch Hota Hai” dulu. Ya wajar memang namanya juga baperan.

Tipe Penonton yang Hobi Kritik

Pernah tidak Anda ketemu dengan orang yang hobinya kritik sana-sini? Sebenarnya tidak aneh juga karena faktanya penonton di Indonesia memang ada yang hobinya kritik. Tipe penonton seperti ini biasanya akan berusaha untuk jadi orang yang paling jago dalam urusan film. Entah itu ceritanya atau pengambilan gambarnya, pokoknya dia ini lebih jago dari produser. Jangankan kesalahan besar kesalahan kecil pun tidak akan luput dari komentar miringnya.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatTipe ini memang hampir sama dengan tipe pemarah hanya saja, tipe kritikus ini lebih suka memberikan saran ketimbang marah-marah tidak jelas. Hanya saja lagi-lagi kritikannya belum tentu didengar pihak produksi.

Tipe Penonton yang Cuma Suka Pemainnya

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat sebuah film jadi enak dinonton, mulai dari ceritanya, pengambilan gambarnya sampai mungkin teknologi yang digunakan. Seperti yang terlihat pada film-film klasik sebut saja ‘Angling Dharma’. Masih ingat kan dengan burung elangnya? Tapi yang tidak kalah penting tentu para pemain filmnya.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatNah, inilah tipe penonton yang nonton hanya karena pemain yang membintanginya. Tidak peduli bagaimana alur cerita atau pengambilan gambarnya yang penting pemainnya super cantik atau tampan pasti akan ditontonnya. Apalagi kalau pemainnya seksi, berani taruhan matanya pasti tidak akan berkedip.

Tipe Penonton yang Jago Debat

Nah, biasanya kalau tipe penonton yang nonton karena pemainnya ketemu dengan si hobi kritik atau mungkin sesamanya, sangat mungkin akan terlibat perdebatan. Entah itu karena alur ceritanya atau karena pemainnya.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatBoleh dibilang tipe ini adalah gabungan dari tipe keduanya. Meski boleh dibilang kalau perdebatannya sama sekali tidak penting namun bagi mereka yang penting idolanya yang terbaik.

Tipe Penonton Garis Keras

Jangan salah bukan Cuma suporter bola saja yang punya aliran garis keras, tapi penonton di Indonesia juga punya. Bisa dibilang fanatik tapi sebenarnya jauh lebih fanatik, apalagi kalau dibandingkan dengan tipe baperan.

Tipe Unik Penonton di Indonesia oleh SegiEmpatTipe penonton seperti ini akan bereaksi berlebihan kalau nonton, bukan Cuma teriak-teriak atau bahkan meneteskan air mata. Tapi dia bahkan bisa menangis sejadi-jadinya kalau film kesukaannya menampilkan adegan sedih, apalagi kalau filmnya tamat. Dia mungkin akan protes atau bisa saja demo untuk menuntut pihak produser melanjutkan seri berikutnya.

Tidak masalah Anda termasuk tipe penonton yang mana, selama Anda menikmatinya tentu itu hak pribadi Anda. Nah, kalau Anda pembaca setia SegiEmpat.com termasuk tipe yang mana?

LEAVE A REPLY