Seluruh umat muslim dunia sekarang ini tengah menjalankan ibadah puasa. Anda yang sedang menjalankannya pasti kuat dong sebulan penuh berpuasa, apalagi kita kan tahu kalau yang namanya bulan puasa itu semua pahala dan amal ibadah kita dilipat gandakan. Jadi makin semangat beribadah kan?

Puasa, menjalankan sholat 5 waktu sesuai perintah agama dan berbuat baik serta beramal, di bulan puasa ini adalah waktu yang paling tepat. Meski sebenarnya di luar bulan puasa hal ini tetap harus kita jalankan, toh yang dapat pahala kan kita juga. Asal sebaiknya Anda tidak seperti sebagian orang, bukannya perbanyak pahala beribadah jadi ajang pamer.

Bukan bermaksud menggurui atau menilai seberapa pantasnya mereka sudah beribadah kepada sang Pencipta, tapi Cuma sekedar mengingatkan. Apalagi jaman sekarang, dimana sosmed justru seperti menjadi hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dikit-dikir upload, dikit-dikit bikin status sampai saat beribadah pun sempat-sempatnya selfie terus di upload di sosmed.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatMemang sih semua itu kembali lagi pada Anda masing-masing, toh yang beribadah kan Anda dan Anda pula yang dapat pahalanya. Jadi ya, mau itu pahalanya besar atau kecil itu urusan Anda dengan Tuhan. Tapi bukannya tujuan Anda beribadah untuk mendekatkan diri dengan Tuhan? Bukankan Anda beribadah memang untuk menjalankan perintah agama. Bukan karena pengen dikomentari atau di Aminkan seperti para pemburu like di sosmed kan?

Well, mumpung bulan puasa nih ketimbang ikutan “eksis” yang sebenarnya Cuma pengen “dilihat”, mending sadar deh dari sekarang. Daripada beribadah tapi pahalanya kurang? Mending banyakin pahala kan, lagi pula kita belum tentu bisa ketemu lagi di Ramadhan berikutnya.

Tipe Orang yang Beribadah “Biar Ganteng”

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatAnda pasti pernah mendengar kata “buat cowok, sholat jumat dulu biar ganteng” atau mungkin paling sering itu istilah “sunnah rosul”. Memang sih kalimat seperti itu cukup positif karena mengajak setiap muslim pria untuk melaksanakan sholat jumat. Tapi harus Anda tahu kalau perilaku seperti itu justru ria, alias Anda sengaja untuk memamerkan diri Anda saat sedang beribadah.

Lagi pula jujur deh, gak maksud menghina ya tapi realistis aja deh. Air wudhu dengan setiap sujud Anda saat sholat gak bakalan bisa ngerubah bentuk fisik.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatJangan pernah berharap setelah sholat wajah Anda langsung berubah seperti Ariel NOAH.

Yang ada pergi sholatnya pake sandal swallow pulangnya udah pake sendah carvil.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatHayoo yang seperti itu balikin ke orangnya terus minta maaf. Paling di kasih “bonus” dikit.

Si Hobi Selfie, Saking Hobinya Orang Lain Sholat Doi Justru Sibuk Selfie

Sosmed sekarang sudah layaknya narkoba yang dapat memberikan efek kecanduan akut, apalagi bagi anak-anak alay. Yang merasa dewasa tapi kecanduan maaf ya kalau saya ngomongnya seperti itu hehehe.

Tapi faktanya sosmed memang begitu membius setiap orang, gak semua sih tapi coba tengok kanan dan kiri Anda saat berada di sebuah kafe. Hampir semua orang justru sibuk menggenggam ponsel pribadinya. Jangan lupa untuk duduk tegak dan sedikit menengok ke bagian perut Anda, siapa tahu pas merhatiin Anda pegang hp juga.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatSebenarnya tidak masalah kalau itu memang pada tempatnya, tapi anak-anak alay jaman sekarang justru melakukan kebiasaan itu di tempat ibadah. Mirisnya lagi, gak Cuma update status “sholat dulu biar ganteng” mereka justru berselfie ria, sementara orang-orang disampingnya sedang sholat dan ditambah dengan caption “karena ibadah itu gak harus pamer”.

Jujur sih kalau saya sendiri menilainya “ya gitu deh kalau terpengaruh iklan, apalagi kalau udah di endorse artis”.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatIni sih namanya bukan mabok kolak, tapi mabok eksis.

Kala Sosmed Bukan Cuma Jadi Tempat Curhat tapi Juga Tempat Berdoa

Kalau gak upload foto selfie pasti update status galau. Hal seperti itu ibaratnya sudah jadi “pemandangan” biasa dari aktivitas sebagian orang di sosmed. Jujur sih dulu saya juga seperti itu, tapi ya pada akhirnya karena saya pikir “gak guna” ya saya hentikan.

Tapi jaman sekarang hal seperti itu justru semakin parah. Sosmed bukan lagi jadi ajang curhat tapi tempat untuk berdoa, bahkan entah disadari atau tidak ini justru jadi tren di banyak orang. Bagi sebagian orang mungkin “ah itu mah biasa aja” tapi apakah emang sosmed itu tempat berdoa? Apa iya Tuhan yang dia maksud itu punya akun sosmed juga? Kalau emang minta di bantu doa, itu mungkin masih bisa dianggap wajar. Meski harus diakui kadang ada juga yang minta dibantu doa sampai mengancam, “kalau putus dikamu mudah-mudahan pahalamu tidak dicatat dan semua ibadahmu dihapus”.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatGitu deh kalau mabok like plus pengen eksis, karena akun fake artis udah basi jadinya cari likers seperti itu.

Berhijab Hanya “Sementara”

Sahur dan berbuka pastinya sudah jadi hal yang selalu ada di bulan puasa. Tapi kalau diperhatikan sih, sebenarnya masih ada satu hal lagi yang identik dengan bulan puasa. Istilahnya ”bulan puasa datang maka wanita pun ramai berhijab”.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatMungkin ini bakal banyak memancing reaksi dari para cewek, tapi maaf ya hal seperti itu realistis kok. Buktinya Anda sendiri jadi berkerut atau mungkin langsung ikutan komen “emang napa? Lo siapa?”. Memang sangat baik kalau Anda menyempatkan diri menutup aurat selama bulan Ramadhan ini, tapi alangkah lebih indah kalau Anda terus mengenakannya setelah bulan puasa. Bukan Cuma karena “ah mumpung bulan puasa nih, pake hijab ah” atau karena tren gamis syahrini lagi naik aja. Mudah-mudahan di bulan puasa ini Anda dapat hidayah untuk menjalankannya.

Kalau Bedug Adzan Justru Jadi “Ok Buka Puasa, Selfie Dulu”

Selfie dengan makanan atau memfoto makanan, biasanya sih paling sering ngelakuin ini cewek-cewek, saking pengen eksis di sosmed entah itu IG, Path, Line, WA, FB, Twitter dan lain sebagainya. Bia gampang semuanya “dihubungkan” jadi sekali upload yang lain ikutan upload juga.

Puasa-puasa gini kebiasaan selfie seperti ini juga terus terbawa, bahkan seperti berlomba-lomba siapa yang paling cepat upload foto makanannya pas bedug magrib dibunyikan.

Beribadah jadi Ajang Pamer oleh SegiEmpatPerilaku seperti ini tentu cukup miris, apalagi para ulama sudah mengatakan kalau hal ini dapat memicu riya dan membuat oranglain merasa iri karena hanya bisa berbuka dengan menu seadanya. Apalagi ternyata di Arab Saudi, perilaku seperti ini dilarang keras tapi justru populer di Indonesia.

Well, karena ibadah itu gak harus dipamerkan bukan? tapi kenapa masih seperti itu!?

LEAVE A REPLY